[SALAH] “VIDEO DETIK-DETIK FAREL PRAYOGA JUARA LOMBA ADZAN NO 1 DI ARAB SAUDI”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang salah. Gambar pada thumbnail dan narasi video tersebut merupakan hasil editan, faktanya isi video tersebut merupakan video Kana Rizki yang sedang mengikuti lomba di Polres Lhokseumawe.

=====

[KATEGORI] KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER] https://archive.cob.web.id/archive/1669091249.037237/singlefile.html

=====

[NARASI] VIDEO DETIK-DETIK FAREL PRAYOGA JUARA LOMBA ADZAN NO 1 DI ARAB SAUDI

=====

[PENJELASAN]

Akun Youtube bernama Zara Entertaiment mengunggah video dengan judul video detik-detik Farel Prayoga juara lomba adzan terbaik no 1 di Arab Saudi, thumbnail yang menampilkan seolah-olah Farel sedang mengumandangkan adzan.

Video yang berdurasi 7:38 menit yang bernarasi seakan-akan Farel Prayoga sedang mengikuti kompetisi di Arab Saudi narasi dalam video tersebut juga mengatakan bahwa Farel Prayoga berhasil menjadi juara pertama dan medapatkan hadiah sebesar 2 juta riyal atau sekitar 7,6 milyar rupiah.

Setelah ditelusuri video yang sebenarnya adalah ada salah satu peserta lomba adzan yang diadakan di gedung serbaguna Wirasatya Polres Lhokseumawe dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-76, dalam video tersebut ada sosok anak laki-laki bernama Kana Rizki yang sedang mengumandangkan adzan, dengan suara emasnya dia berhasil menjadi juara pertama kategori remaja dan mendapatkan hadiah umroh gratis dan uang tunai dari Polres Lhokseumawe, Aceh 2022.

=====

[REFERENSI]

https://trustmedia.id/kapolres-lhokseumawe-beri-hadiah-umrah-kepada-pemenang-lomba-azan/

https://youtu.be/-noIYqmbuZY