[SALAH] Pertolongan Pertama Luka Bakar menggunakan Tepung Terigu

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Informasi mengenai pertolongan pertama luka bakar menggunakan tepung terigu tidak benar, hal tersebut ditegaskan oleh Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Ahmad Fawzy. Faktanya, pertolongan pertama sesuai anjuran WHO dengan menggunakan air mengalir.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =
KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =
SUMBER: Tiktok
https://archive.cob.web.id/archive/1669084706.865573/singlefile.html

= = = = =
NARASI:
“bukan untuk nyembuhin luka bakar yaa, tapi untuk pertolongan pertama biar gak melepuh dan gak timbul luka bakar #cmiiw”

= = = = =
PENJELASAN:
Akun Tiktok umma.hamidah memposting sebuah video mengklaim bahwa tepung bisa menjadi pertolongan pertama luka bakar. Video tersebut berdurasi 25 detik.

Setelah ditelusuri menggunakan kata kunci “tepung untuk luka bakar” pada google, hasilnya ditemukan sebuah artikel dari Kompas.com berjudul “[HOAKS] Tepung Terigu Dapat Menyembuhkan Luka Bakar” pada 24 Oktober 2021. Dalam artikel tersebut ditemukan informasi bahwa informasi tersebut tidak benar. Hal tersebut ditegaskan oleh Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Ahmad Fawzy. Tepung terigu tidak memberikan efek sama sekali jika diberikan pada luka bakar, justru sangat berpotensi mencemari luka dan membuat kontaminan ukuran sangat kecil yang sulit dibersihkan. Lebih lanjut untuk pertolongan pertama bisa menggunakan air mengalir sesuai anjuran WHO.

Dengan demikian informasi mengenai pertolongan pertama luka bakar menggunakan tepung terigu tidak benar. Pertolongan pertama sesuai anjuran WHO dengan menggunakan air mengalir, sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/05/18/154500282/-hoaks-tepung-terigu-untuk-pertolongan-pertama-luka-bakar?page=all#page2
https://turnbackhoax.id/2022/06/09/salah-pertolongan-pertama-terkena-minyak-goreng-atau-air-panas-dengan-tepung/
https://turnbackhoax.id/2021/11/04/salah-pertolongan-pertama-luka-bakar-dengan-tepung-terigu/
https://turnbackhoax.id/2020/09/29/salah-tepung-terigu-bisa-obati-luka-bakar/

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian