[SALAH] Jam Kerja Di Denmark 33 Jam Per Minggu

Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo.

Faktanya jam kerja standar di mayoritas wilayah di Denmark adalah 37 jam per minggu, hal ini tidak jauh berbeda di Indonesia yang standar jam kerjanya 40 jam per minggu.

=====
KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====

SUMBER: Instagram
https://archive.cob.web.id/archive/1660751189.840924/singlefile.html

=====
Narasi dalam gambar:
“Denmark digolongkan sebagai negara
paling bahagia di dunia dengan 33 jam
kerja dalam seminggu, upan minimum
Rp 76,6 juta, Universitas gratis dan
perawatan medis, perawatan anak gratis dan tingkat korupsi yang rendah”

narasi :
“Negara Nordik yang satu ini selalu konsisten masuk daftar teratas negara paling bahagia di dunia. Denmark bisa seperti sekarang karena kondisi politik di sana yang stabil, korupsi yang rendah, serta fasilitas pendidikan dan kesehatan yang berkualitas.

Lagi-lagi pengelolaan pajak yang bikin negara ini dicintai masyarakatnya. Tingginya pajak di sini sebanding dengan pemberian fasilitas pendidikan dan kesehatan gratis di sana.

Di Denmark, tiap bulan pekerjanya bisa menerima upah US$ 5.310 atau Rp 76,6 juta. Sementara pajak tahunannya sekitar 45 persen dari penghasilan. Makanya Denmark disebut-sebut sebagai negara dengan pajak tertinggi di dunia.
.
Ikuti terus @indofaktaa untuk memperluas pengetahuan anda!
_

indofaktaa #faktaunik #faktadunia #indonesia #followforfollowback #uptodateinfo #wowfaktavideo #wowfakta #kamuharustahu #videoheboh #infoheboh #faktadanmitos #indozone #lagiviral #viralindonesia #infia #follow4followback #wowrame #viralbanget #kamuharustau #beritadunia #dunia24jam #dagelan #infiafact #sumatera #infodunia #weirdgenius #dpr #reformasintegrales #indonesianfood”

=====
PENJELASAN:
Akun Instagram @indofaktaa memposting sebuat unggahan mengenai beberapa fakta mengenai negara Denmark yang salah satunya adalah jam kerja di Denmark yang disebutkan dalam unggahan tersebut adalah 33 jam per minggu.

Setelah ditelusuri, hal tersebut tidak benar. Melansir Denmark.dk dan Businessindenmark.virk.dk, disebutkan bahwa standar jam kerja yang ada di Denmark adalah 37 jam per minggu. Hal ini tidak jauh berbeda dengan Indonesia yang memiliki jam kerja 40 jam per minggunya.

Selain itu negara Denmark juga bukan negara dengan pajak tertinggi di dunia seperti yang disebutkan dalam postingan tersebut. Melansir Worldpopulationreview.com dan Nomadcapitalist.com, negara Pantai Gading merupakan negara yang memiliki pajak penghasilan tertinggi di dunia.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim tentang jam kerja di Denmark 33 jam per minggu keliru dan masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

=====
REFERENSI:
https://denmark.dk/society-and-business/work-life-balance
https://indonesia.acclime.com/guides/employment-law/
https://businessindenmark.virk.dk/guidance/employment-and-dismissal/working-hours/
https://www.dst.dk/en/Statistik/nyheder-analyser-publ/Publikationer/gennemsnitsdanskeren#:~:text=The%20average%20employee%20in%20Denmark,after%20subtracting%20liabilities%20from%20assets.
https://nomadcapitalist.com/finance/countries-with-the-highest-tax-rates-2022/
https://businessindenmark.virk.dk/guidance/employment-and-dismissal/working-hours/