[SALAH] Rebusan Air Campuran Bawang Merah, Kunyit, dan Jahe Dapat Bersihkan Paru-paru kotor Akibat Rokok

Informasi menyesatkan. Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, dr. Erlang Samoedro, Sp. P mengatakan bahwa meminum air rebusan bawang merah, kunyit, jahe, dan gula jawa tidak bisa membersihkan paru-paru yang kotor akibat rokok dan menyebut informasi tersebut adalah hoaks.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: FACEBOOK (https://archive.fo/o3ipi)

======

[NARASI]:

“Obat untuk paru-paru yang kotor
Cocok untuk pecandu rokok
Semoga bermanfaat dan bisa membantu”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Facebook mengunggah video yang mengklaim bahwa meminum air rebusan bawang merah, kunyit, jahe, dan gula jawa bisa membersihkan paru-paru yang kotor akibat rokok. Dalam video tersebut terdapat langkah-langkah untuk mengolah bahan-bahan tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran, Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, dr. Erlang Samoedro, Sp. P mengatakan bahwa meminum air rebusan bawang merah, kunyit, jahe, dan gula jawa tidak bisa membersihkan paru-paru yang kotor akibat rokok.

“Itu hoaks,” kata dr Erlang kepada Liputan6.com, Selasa (19/7/2022).

Klaim terkait ramuan tersebut juga dibantah oleh ahli paru dari RS Persahabatan, Jakarta dr Agus Dwi Susanto, SpP.Dokter Agus menyebutkan bahwa hingga saat ini belum ada cara yang sudah teruji ilmiah untuk membersihkan paru-paru dari bahan kimia yang berasal dari rokok.

“Nggak ada. Stop rokok! Itu saja,” kata dr Agus.

Berdasarkan dari penelusuran tesebut, dapat disimpulkan bahwa informasi berupa video yang mengklaim bahwa meminum air rebusan bawang merah, kunyit, jahe, dan gula jawa bisa membersihkan paru-paru yang kotor akibat rokok adalah informasi yang menyesatkan.

======

REFERENSI:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5018193/cek-fakta-hoaks-minum-air-rebusan-bawang-merah-kunyit-dan-jahe-bisa-bersihkan-paru-kotor-akibat-rokok

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/07/20/195600482/-hoaks-ramuan-bawang-merah-untuk-bersihkan-paru-paru-perokok