[SALAH] Seorang Laki-Laki Terpental Ketika Menaiki Wahana Seluncuran Air di Sebuah Kolam Renang

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani. Informasi tersebut salah. Faktanya, setelah melakukan penelusuran, video tersebut bukanlah video asli, melainkan merupakan video hasil editan yang dibuat oleh seorang Visual Effects Artist bernama Simon dan video tersebut diunggah ke dalam laman akun Twitternya yang bernama @Simon_QN.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konteks yang Dimanipulasi

===

Sumber: Twitter
archive.ph/ZRefQ

===
Narasi:

“I think that lifeguard just killed them”.

===

Penjelasan:
Beberapa waktu lalu sempat beredar sebuah video yang diunggah oleh salah satu akun Twitter bernama
@jjahh22861 terkait peristiwa terpentalnya seorang pria ketika menaiki wahana seluncuran air di sebuah kolam renang.

Namun setelah melakukan penelusuran, video tersebut bukanlah video asli, melainkan merupakan video hasil editan yang dibuat oleh seorang Visual Effects Artist bernama Simon dan video tersebut diunggah ke dalam laman akun Twitternya yang bernama @Simon_QN.

Lalu terkait video aslinya, video tersebut merupakan video yang dimiliki oleh akun TikTok bernama @salah_aquaa. Dan pada video asli tersebut tidak terlihat adanya peristiwa seseorang yang terpetal ketika menaiki wahanan seluncuran air seperti yang terlihat pada video yang diunggah oleh akun Twitter bernama @jjahh22861. Sehingga bisa dipastikan bahwa video yang diunggah oleh @jjahh22861 ialah hoax.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait seorang laki-laki terpental ketika menaiki wahana seluncuran air di sebuah kolam renang ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Referensi:
https://www.tiktok.com/@salah_aquaa/video/7092786344501497094?_t=8TfIlBqrSRK&_r=1
https://twitter.com/Simon_QN/status/1524480846375366665
https://www.snopes.com/fact-check/waterpark-slide-launch-people-into-air/

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Dedy Helsyanto