[SALAH] Burung Camar Mengambil Pizza Utuh dari Meja

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani. Informasi tersebut salah. Faktanya, video tersebut merupakan hasil editan dari salah satu akun TikTok bernama @roberttolppi.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konteks yang Salah

===

Sumber: Twitter
archive.ph/3yGJT

===

Narasi:

“Looks like a seagull hit the jackpot..”.

===

Penjelasan:

Beberapa waktu lalu akun Twitter bernama @Yoda4ever mengunggah sebuah video tentang seekor burung camar yang terbang dengan membawa pizza utuh yang sebelumnya diletakkan di meja.

Namun setelah ditelusuri, faktanya video tersebut merupakan hasil editan dari salah satu akun TikTok bernama @roberttolppi. Dan melansir dari akun Instagram pribadinya, yaitu @roberttolppi, pada bio akun Instagramnya tersebut ia menjelaskan bahwa dirinya merupakan seorang video creator, dan video terkait burung camar yang mengambil pizza tersebut ialah video yang ia buat sebagai video reperesentasi dari LADBible Group, yaitu sebuah media penerbit digital asal Inggris.

Melansir dari akun TikTok bernama @4D_Builds, akun TikTok tersebut mengunggah sebuah video komparasi antara video yang diunggah oleh @roberttolppi dengan video editan yang belum rampung, sehingga terlihat beberapa bagian yang merupakan bentuk dari editan yang dibuat.
Selain itu, akun @4D_Builds juga membagikan beberapa link yang menjelaskan tentang beberapa website atau alat yang digunakan untuk mengedit berbagai bagian yang dimuat dalam video tersebut.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait burung camar mengambil pizza utuh dari meja ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konteka yang salah.

Referensi:

https://www.tiktok.com/@4d_buildss/video/7101024086167571758?_t=8Sa3DY722fl&_r=1
https://www.instagram.com/roberttolppi/
https://www.instagram.com/p/CdzsGGYlgmk/

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Bentang Febrylian