[SALAH] Foto Seorang Anak Yaman Tidur di Antara Kuburan Kedua Orang Tuanya

Hasil Periksa Fakta Ani Nur MR

Bukan anak dari Yaman. Anak yang ada dalam foto berasal dari Arab Saudi dan fotografernya juga berasal dari negara yang sama. Lebih lanjut, sebenarnya foto tersebut adalah bagian pemotretan untuk sesi fotografi bertema “bagaimana cinta seorang anak untuk orang tuanya tak tergantikan”. Kedua orang tua anak laki-laki tersebut masih hidup.

Selengkapnya baca di PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

KATEGORI: Konteks yang Salah

=====

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/h8gV6

=====
NARASI:

“We need to do better”😢😢

A Yemeni child sleeping between the graves of his parents

(Terjemahan)

Kita harus melakukan lebih baik

Seorang anak dari Yaman tidur di antara kuburan kedua orang tuanya

=====
PENJELASAN:

Beredar postingan di Facebook oleh akun bernama Shakib Al Hasan, membuat postingan foto yang memperlihatkan seorang anak laki-laki tidur di antara dua kuburan. Postingan tersebut disertai penjelasan bahwa anak laki-laki tersebut berasal dari Yaman dan dua kuburan itu adalah orang tuanya yang sudah meninggal.

Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, diketahui bahwa anak tersebut tidak berasal dari Yaman tetapi Arab Saudi. Lebih lanjut, foto tersebut sebenarnya adalah adegan rekaan untuk sesi pemotretan dengan tema “bagaimana cinta seorang anak untuk orang tuanya tak tergantikan”. Adapun fotografer aslinya bernama Abdul Aziz Al-Otaibi, juga berasal dari Arab Saudi. Abdul memposting karyanya tersebut pada tahun 2014 di akun Instagram pribadinya.

Melansir dari USA Today, Harold Doornbos, seorang jurnalis dari Belanda saat mewawancarai Abdul, dijelaskan oleh Abdul bahwa foto tersebut diambil di luar Yanbu, kota pesisir Saudi tempat ia tinggal. Abdul membuat dua kuburan palsu dan meminta keponakannya (anak laki-laki di dalam foto) untuk berpose tidur di tengah.

Abdul bermaksud untuk membuat proyek konseptual dengan tema “bagaimana cinta seorang anak untuk orang tuanya tak tergantikan”. Adapun kondisi kedua orang tua anak laki-laki tersebut masih hidup saat pengambilan foto berlangsung.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim Shakib Al Hasan adalah tidak benar dan termasuk kategori Konteks yang Salah.

=====
REFERENSI:
https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2022/05/12/fact-check-image-boy-sleeping-between-graves-not-war-related/9708755002/


https://www.instagram.com/p/itq1WVjoD7/?igshid=YmMyMTA2M2Y=


https://turnbackhoax.id/2020/08/17/salah-foto-anak-suriah-tidur-di-antara-makam-orang-tuanya/

=====

Penulis: Ani Nur MR
Editor: Bentang Febrylian