[SALAH] Jangan Panik, Seseorang yang Terinfeksi Covid-19 Varian Omicron Dapat Sembuh Setelah Mengonsumsi Paracetamol 500 mg, Vitamin C 1000 mg, dan Vitamin D3 1000 IU

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta). Informasi tersebut salah. Faktanya, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr R.A Adaninggar, mengatakan bahwa Paracetamol hingga Vitamin D3 1000 IU bukanlah obat penyembuh Covid-19 varian Omicron.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konten yang Menyesatkan

===

Sumber: Facebook
archive.ph/8XAAq

===

Narasi:
“Jangan panik ya kalau terinfeksi omicron.
Obatnya Cuma :
Paracetamol 500 mg.. 3 x sehari 1 tab
Vit C 1000 mg sehari 1 x 1 tab
Vit D3 1000 IU sehari 1 x 1 tab
Sembuh sendiri dalam 5 – 6 hari
Simpan catatan siapa tahu nanti butuh”.

Penjelasan:
Beberapa waktu lalu sempat beredar informasi terkait beberapa obat medis yang bisa digunakan untuk mengobati seseorang yang telah terinfeksi virus Covid-19 varian Omicron, di antaranya ialah Paracetamol 500 mg, Vitamin C 1000 mg, dan Vitamin D3 1000 IU dengan klaim bahwa ketika seseorang yang telah terinfeksi Omicron lalu mengonsumsi jenis obat tersebut maka akan sembuh dalam jangka waktu 5-6 hari.

Namun melansir dari liputan6.com, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr R.A Adaninggar, mengatakan bahwa Paracetamol hingga Vitamin D3 1000 IU bukanlah obat penyembuh Covid-19 varian Omicron. Ia menyatakan bahwa yang dapat menyembuhkan pasien dari Covid-19 adalah sistem imun yang baik dari setiap orang. Sedangkan Paracetamol serta Vitamin hanya bersifat sebagai penunjang saja, bukan sebagai obat penyembuh.

Selain itu, melansir dari prfmnews.pikiran-rakyat.com, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bandung, dr. Ahyani Raksanegara menyampaikan bahwa prinsip dalam melawan virus adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh melalui konsumsi makanan sehat, vitamin, dan berolahraga.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas kesehatan (dinkes) Kota Bandung, dr. Rosye Arosdiani juga menjelaskan bahwa pasien Covid-19 tidak bisa sembarangan dalam mengonsumsi obat, karena obat yang dikonsumsi oleh pasien Covid-19 harus berdasarkan resep atau anjuran dokter, serta harus sesuai pula dengan gejala dan tingkat keparahan penyakitnya, sehingga tidak bisa disamaratakan.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait jangan panik, seseorang yang terinfeksi Covid-19 varian Omicron dapat sembuh setelah mengonsumsi Paracetamol 500 mg, Vitamin C 1000 mg, dan Vitamin D3 1000 IU ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

Referensi:

https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-133647167/cek-fakta-benarkah-obat-omicron-adalah-paracetamol-500mg-vitamin-c-dan-vitamin-d-ini-penjelasan-dinkes?
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4886723/cek-fakta-tidak-benar-obat-ini-bisa-menyembuhkan-pasien-dari-covid-19-varian-omicron

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Bentang Febrylian