[SALAH] Hadiah Voucher Pulsa Dari Telegram Senilai 500 Ribu Rupiah

Hoaks lama yang kembali beredar. Pesan palsu tersebut adalah modus pencurian data pribadi atau phising. Pelaku akan meminta calon korbannya mengecek apakah ada sms masuk berisikan 5 digit angka dan dan mengirimkannya kembali ke pelaku, sehingga pelaku dapat menyedot pulsa korban.

======

[KATEGORI]: KONTEN PALSU

======

[SUMBER]: WHATSAPP

======

[NARAS]:

“Hallo kak selamat malam mohon maaf mengganggu aktivitasnya di hari ini

Dengan saya Indra Pratama Wijaya langsung dari kantor telegram Jakarta

🤝SELAMAT🤝Nomor ponsel kakak yang terdaftar di TELEGRAM nya mendapatkan apresiasi/Penghargaan langsung dari kantor TELEGRAM kita.

Berhak menerima hadiah cashback bagi-bagi hadiah voucher pulsa gratis dari TELEGRAM senilai Rp 500.000

Dalam rangka meningkatkan lagi pengguna aplikasi telegram kita Yang sudah mencapai 500 juta pengguna.

Kita tanyakan dulu sama kakak ini pulsanya mau mintak dikirimkan di nomor yang terdaftar di telegram atau di nomor yang berbeda 🙏”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah nomor +6283145283117 mengirimkan pesan melalui whatsapp yang mengatasnamakan kantor Telegram Jakarta. Dalam pesan tersebut terdapat nama Indra Pratama Wijaya yang mewakili pihak Telegram.

Pesan tersebut berisi pengumuman bahwa si penerima pesan berhak mendapatkan hadiah voucher pulsa gratis senilai 500 ribu rupiah dalam rangka meningkatkan pengguna aplikasi telegram.

Berdasarkan penelusuran, pesan ini merupakan hoaks lama yang kembali beredar dengan modifikasi jumlah voucher pulsa yang diberikan. Modusnya adalah Untuk meyakinkan calon korbannya, pelaku menanyakan apakah ada pesan singkat (SMS) yang masuk berisikan password lima digit, yang sengaja ia kirimkan.

Setelah itu, korban akan dipandu melakukan sejumlah langkah, sampai memasukkan lima digit yang dikirim oleh pelaku, hingga login ke sebuah server. Setelah korban mengirimkan kode lima digit yang dikirim pelaku sesuai arahannya, pulsa di handphone korban langsung tersedot.

Pesan serupa sudah pernah diverifikasi sebelumnya dalam webstie turnbackhoax.id berjudul “Anda “Berhak terima hadiah cashback voucher pulsa gratis dari TELEGRAM senilai 300.000” pada 7 juli 2021.

======

REFERENSI:

https://aceh.tribunnews.com/2018/04/16/awas-aksi-penipuan-atasnamakan-telegram-marak-pulsa-di-hp-bisa-habis-disedot-pelaku?page=2