[SALAH] “Gudang senjata di China meledak dalam kebakaran pagi ini…”

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Informasi yang salah, video tersebut terdiri dari beberapa cuplikan dari kejadian yang berbeda. Cuplikan pertama adalah ledakan yang terjadi di Beirut, Lebanon pada 4 Agustus 2020 dan cuplikan pada akhir video adalah kejadian kebakaran pabrik spons di Sihwa, Korea Selatan pada 2 Juli 2021.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Facebook

https://archive.vn/vq5ar

= = = = =

NARASI:

“Gudang senjata di China meledak dalam kebakaran pagi ini…
Alhamdulillah Wasyukurillah Allah bayar tunai atas kedzolimannya yg selalu berusaha menguasai Seluruh dunia dan termasuk Indonesia….
Hari Sabtu tgl 19 Banjir Bandang skrg gudangsenjatanya musnah,,semoga Allah hancurkan semuanya..Aamiin”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar informasi dari akun Facebook Nur Mujahidah New berupa sebuah video yang diklaim adalah gudang senjata di China yang meledak karena kebakaran pada pagi hari 25 Juli 2021. Postingan ini disukai sebanyak 18 kali, dikomentari 15 kali, dan disebarkan kembali 2 kali.

Berdasarkan penelusuran, video tersebut terdiri dari beberapa cuplikan kejadian-kejadian yang berbeda. Pada awal video ditampilkan sebuah ledakan besar yang merupakan ledakan di Beirut, Lebanon pada 4 Agustus 2020, Perdana Menteri Hassan Diab menjelaskan bahwa ledakan tersebut terjadi di gudang amunisi bersumber dari bahan peledak yang disita sejak tahun 2014 dan disimpan di pelabuhan kota.

Cuplikan kedua pada akhir video merupakan rekaman amatir dari kebakaran sebuah pabrik spons di Komplek Industri Sihwa, Siheung, Gyeonggi-do, Korea Selatan yang terjadi pada 2 Juli 2021. Kebakaran besar tersebut akhirnya dapat dipadamkan setelah 7 jam dan tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut tetapi sempat menimbulkan kepanikan karena besarnya api.

Melihat dari penjelasan tersebut video ledakan gudang senjata di China adalah tidak benar sehingga termasuk dalam kategori Konten yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.youtube.com/watch?v=soNra4m5TLQ

https://www.youtube.com/watch?v=_xc9Hmr8IvU

https://www.cnbcindonesia.com/news/20200805062756-4-177444/bak-bom-atom-ini-penyebab-ledakan-dahsyat-di-beirut-lebanon

https://mustsharenews.com/lebanon-beirut-explosion/

https://www.tellerreport.com/tech/2021-07-03-big-fire-at-sponge-factory–extinguished-in-7-hours—-all-night-horror.rJfL78yR3u.html

https://www.youtube.com/watch?v=eX1cwFRlhy0