[SALAH] Email dari PT Pos Indonesia Terkait Kegagalan Pengiriman Barang

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Bukan email dari PT Pos Indonesia. Corporate Secretary Pos Indonesia telah menegaskan bahwa email tersebut merupakan salah satu bentuk penipuan dengan modus phishing yang mengatasnamakan Pos Indonesia.

= = = = =

KATEGORI: Konten Tiruan/Imposter Content

= = = = =

SUMBER: Email

= = = = =

NARASI:

“Pelanggan yang terhormat

Paket Anda tidak dapat dikirim pada 01.07.2021 karena tidak ada bea masuk yang dibayarkan (5648.99 Rp )

Pedagang: Ems Pos Indonesia
Jumlah order : ID-14237325-1
Jumlah pembelian : 5648.99 Rp

Untuk mengkonfirmasi pengiriman paket Anda Klik disini.
[…]

(Lanjutan Narasi setelah bagian Referensi)

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah email dari PT Pos Indonesia yang menginformasikan kegagalan pengiriman barang karena penerima email belum membayar bea masuk. Dalam email tersebut terdapat logo Pos Indonesia serta sebuah tautan yang harus diakses untuk mengonfirmasi pengiriman paket.

Berdasarkan hasil penelusuran, email tersebut bukan dari Pos Indonesia. Melansir dari Kompas, Corporate Secretary Pos Indonesia, Tata Sugiarta telah menegaskan bahwa email tersebut merupakan salah satu bentuk penipuan dengan modus phishing yang mengatasnamakan Pos Indonesia. Email serupa yang mengatasnamakan Pos Indonesia juga pernah beredar pada Maret 2021 lalu.

Phising sendiri merupakan salah satu teknik penipuan yang bertujuan untuk mencuri informasi pribadi korban, seperti nomor rekening bank, email dan kata sandi, nomor kartu kredit, dan sebagainya.

Dengan demikian, email yang mengatasnamakan PT Pos Indonesia tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Tiruan/Imposter Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/04/102900765/viral-unggahan-e-mail-phishing-catut-pt-pos-indonesia-waspada-?page=1

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210316195624-185-618308/waspada-hacker-tipu-pengguna-pos-indonesia-pakai-spam-email

https://tekno.kompas.com/read/2021/03/11/10060067/apa-itu-phising-dan-bagaimana-cara-menghindarinya?page=all

= = = = =

(Lanjutan Narasi)

[…]
Anda akan menerima email atau SMS ketika Anda tiba di alamat rumah Anda. Anda akan memiliki 8 hari, dari tanggal ketersediaan, untuk menarik paket. Setelah penarikan, Anda akan dimintai ID.

Terima kasih atas kepercayaan Anda,

Hormat kami,
Layanan pelanggan Pos Indonesia Corporation Anda.

Kompensasi
PT Pos Indonesia. (selanjutnya disebut “Perusahaan”) berkomitmen untuk menghormati privasi pribadi semua pengguna.
Sesua dengan Undang-Undang Perlindungan Informasi Pribadi Republik Indonesia dan kebijakan perlindungan informasi pribadi Perusahaan.
Perusahaan dengan ini menyatakan pernyataan berikut sehubungan dengan pengumpulan, pemrosesan,”

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian