[SALAH] Akun WhatsApp Bupati Klaten Sri Mulyani

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Klaten menegaskan bahwa akun WhatsApp tersebut adalah palsu.

= = = = =

KATEGORI: Konten Tiruan/Imposter Content

= = = = =

SUMBER: Pesan WhatsApp

= = = = =

NARASI:

“baik pak sebelumnya saya perkenalkan pak,saya ibu H.Sri Mulyani.selaku Bupati klaten,saya dan rekan sekantor akan mengalang donasi berupa uang ke berbagai pondok pesantren dan yayasan. benar ini dengan pengurus yayasan pak”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar akun WhatsApp Bupati Klaten, Sri Mulyani. Akun tersebut melakukan komunikasi dengan beberapa pengurus yayasan pondok pesantren terkait penggalangan donasi.

Melansir dari situs resmi Pemerintah Kabupaten Klaten, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Klaten, Amin Mustofa menegaskan bahwa akun WhatsApp tersebut adalah palsu. Lebih lanjut, Amin juga mengimbau kepada masyarakat untuk segera memblokir akun tersebut jika mendapatkan pesan dari akun WhatsApp yang mengatasnamakan Bupati Sri Mulyani.

Sebelumnya juga pernah beredar akun Facebook yang mengatasnamakan Bupati Sri Mulyani pada Januari 2021. Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Akun Facebook Bupati Klaten Sri Mulyani”.

Dengan demikian, akun WhatsApp yang mengatasnamakan Bupati Klaten Sri Mulyani tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Tiruan/Imposter Content.

= = = = =

REFERENSI:

Waspada! Akun WA Palsu Bupati Klaten Kembali Beredar

https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-5603576/waspada-ada-akun-wa-catut-bupati-klaten-minta-sumbangan

[SALAH] Akun Facebook Bupati Klaten Sri Mulyani

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian