[SALAH] Gempa di California Berkaitan dengan Tempat Kloningan Manusia

Hasil Periksa Fakta Fathia Islamiyatul Syahida (Universitas Pendidikan Indonesia)

Bukan karena ledakan tempat kloningan manusia. Faktanya, gempa bermagnitudo 2,7 di California pada Rabu 2/6/2021 disebabkan oleh adanya pergerakan blok besar kerak bumi, tepatnya Pasifik dan Amerika Utara.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

===
Kategori: Konten yang Menyesatkan

===
Sumber: Facebook
https://archive.md/w6GjW

===
Narasi:
“Beberapa jam yang lalu, gempa berintensitas rendah dilaporkan terjadi di taman Disney di California. Q The Storm Rider baru saja menjelaskan bahwa dalam 32 jam terakhir D.U.M.B.s tempat manusia dikloning dan senjata biologis, yang keterkaitannya dengan produser Universal, telah diledakkan dengan dinamit di area yang sama. Akan lebih banyak gempa bumi diperkirakan terjadi dalam beberapa jam ke depan.
⚡️Terowongan 311> Santiago Biolabs DU.MB dasar> Disneyland 4 lantai DU.MB> 311 TUNNEL (koneksi ke fasilitas kloning Universal Studios)
Mereka dihancurkan dalam 32 jam terakhir.
Diperkirakan gempa bumi di dekat area ini.
⚡️Gempa bumi 2.7 magnitude. DU.MBs?
💫💫💫💫
Penjelasan singkat tentang D.U.M.B.s 👇
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=106395048325019&id=100068635710104″

===
Penjelasan:

Beredar sebuah postingan di media sosial yang mengklaim bahwa gempa berkekuatan magnitudo 2,7 di California, Amerika Serikat, berkaitan dengan tempat kloningan manusia. Ia juga menjelaskan bahwa ledakan itu berasal dari dinamit di tempat kloning manusia dan senjata biologis. Informasi tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Paulin Alycone pada Rabu 2/6/2021. Dalam unggahan tersebut Ia juga menyertakan tangkapan gambar peta Anaheim, California, yang diklaim sebagai sumber gempa yang merupakan tempat kloningan manusia.

Setelah ditelusuri, melansir dari Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) terdapat beberapa catatan gempa di wilayah California antara 1-2 Juni. Memang benar, pada Rabu, 2 Juni 2021, pukul 4.29 waktu setempat, telah terjadi gempa berkekuatan magnitudo 2,7 di kilometer 4 Anguana, California. Namun, tidak ada bukti gempa tersebut berkaitan dengan dinamit di tempat kloning manusia.

Dilansir dari Kompas.com, Tim Penelusuran Cek Fakta Kompas menemukan bahwa sebagian besar gempa bumi di California disebabkan oleh pergerakan blok besar kerak bumi, tepatnya Pasifik dan Amerika Utara.

Lempeng Pasifik bergerak ke laut barat, menggores secara horizontal melewati Amerika Utara dengan kecepatan 50 milimeter per tahun. Sekitar dua pertiga pergerakan ini terjadi pada sesar San Andreas dan beberapa sesar pararel, yaitu sesar San Jacinto, Elsinore, dan Imperial.

Patahan tersebut menghasilkan sekitar setengah gempa bumi yang signifikan di California, serta banyak gempa bumi kecil. Sehingga, gempa di California yang dilaporkan tidak ada kaitannya dengan dinamit dan tempat kloning manusia.

Adapun isu terkait tempat kloningan manusia, Institut Riset Genome Manusia menyebut bahwa kloning manusia masih menjadi mitos.

Dengan demikian, klaim bahwa gempa magnitudo 2,7 di California berkaitan dengan kloningan manusia adalah hoaks dengan kategori konten yang menyesatkan.

===
Referensi:

  1. https://www.kompas.com/tren/read/2021/06/02/200500065/-hoaks-gempa-2-7-magnitudo-di-california-berkaitan-dengan-tempat-kloning?page=all#page22.
  2. https://earthquake.usgs.gov/earthquakes/map/?extent=14.43468,-153.01758&extent=56.02295,-61.08398&listOnlyShown=true
  3. http://scecinfo.usc.edu/eqcountry/roots/socal.html

Editor: Bentang Febrylian