[SALAH] Meminum Air Berlebihan Berbahaya Bagi Tubuh Karena Ginjal Tidak Dapat Memproses Air dalam Jumlah yang Banyak

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila Naura Marhaeni (Universitas Diponegoro)

Pernyataan tersebut tidak benar. Meminum air dalam jumlah banyak TIDAK membuat ginjal kesulitan dalam mencerna air dalam jumlah banyak. Namun, melansir dari laman Hellosehat, meminum air dalam jumlah banyak akan membuat keracunan air atau water intoxication yang dapat menyebabkan fungsi kognitif menurun.

= = = =

KATEGORI: Misleading content atau konten yang menyesatkan

= = = =

SUMBER:
Instagram: https://bit.ly/3uS6Ji1

https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/06/SALAH-Meminum-Air-Berlebihan-Berbahaya-Bagi-Tubuh-Karena-Ginjal-Tidak-Dapat-Memproses-Air-dalam-Jumlah-yang-Banyak.pdf
(arsip sumber)

= = = =

NARASI:

(Narasi diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia)

“Meminum air dalam jumlah banyak dapat membahayakanmu karena ginjalmu tidak dapat memproses air dalam jumlah yang banyak. Dan tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa Meminum 8 gelas air setiap hari memiliki manfaat bagi kesehatan.”

(Narasi asli dalam gambar dan narasi teks dicantumkan setelah referensi)

= = = =

PENJELASAN:

Terdapat sebuah narasi yang diunggah oleh akun Instagram fitness.freez yang mengatakan bahwa meminum air dalam jumlah banyak dapat membahayakan ginjal karena ginjal tidak dapat memproses air dalam jumlah banyak. Selain itu, narasi tersebut juga mengatakan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa meminum air sebanyak delapan gelas setiap hari memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Meminum air dalam jumlah banyak tidak membuat ginjal kesulitan dalam mencerna air, namun dapat menyebabkan keracunan air atau water intoxication. Melansir dari laman Hellosehat, meminum air dalam jumlah yang terlalu banyak akan menyebabkan keracunan air atau overhidrasi. Yang mana, hal tersebut akan mengarahkan pada penurunan fungsi kognitif, seperti merasa kebingungan, kesulitan berpikir dan mengalami disorientasi.

Di samping itu, meminum air sebanyak delapan gelas bukanlah tidak memiliki bukti ilmiah yang membuktikan bermanfaat bagi kesehatan. Melansir dari laman Detik, meminum air sebanyak delapan gelas dalam satu hari tidak bisa dianggap sama untuk semua orang. Takaran dalam meminum air mineral bergantung pada faktor usia, iklim, intensitas olahraga, penyakit, kehamilan dan kondisi menyusui. Melansir dari laman Kompas, para ahli di Institute of Medicine (IOM) di Amerika Serikat mengategorikan rata-rata kebutuhan minum harian untuk pria dewasa sebanyak 13 atau tiga liter per-hari, wanita dewasa sebanyak sembilan gelas atau dua liter lebih sedikit, ibu hamil sebanyak sepuluh gelas atau dua liter lebih sedikit, ibu menyusui sebanyak 12 gelas atau nyaris tiga liter, dan anak dan remaja sebanyak enam hingga delapan gelas. Namun, dalam beberapa kondisi, orang yang memiliki penyakit tertentu, seperti ginjal perlu untuk mengonsultasikan kepada dokter terkait takaran konsumsi air per-hari. Hasil periksa fakta dengan narasi serupa juga sudah diunggah pada laman turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Tidak Ada Bukti Ilmiah Minum Air Mineral 8 Gelas Bermanfaat bagi Tubuh”.

Dalam narasi tersebut juga dikatakan bahwa meminum kopi tidak menimbulkan dehidrasi. Namun hal tersebut tidak benar. Melansir dari laman Klikdokter, studi yang dilakukan pada University of Connecticut menyimpulkan bahwa kafein yang terkandung dalam kopi bersifat diuretik atau yang menyebabkan frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering, sehingga membuat keseimbangan kadar air dalam tubuh terganggu dan menyebabkan dehidrasi. Meskipun hal ini tidak membuat dehidrasi parah, namun konsumsi kopi tetap harus dibatasi, terlebih pada kondisi yang berpotensi mengalami dehidrasi seperti berada di daerah yang beriklim panas dan kering, sedang berolahraga, atau sedang dalam perjalanan di pesawat.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Instagram fitness.freez tidak sesuai dengan fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

= = = =
REFERENSI:

  1. https://turnbackhoax.id/2021/04/17/salah-tidak-ada-bukti-ilmiah-minum-air-mineral-8-gelas-bermanfaat-bagi-tubuh/
  2. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4715308/tidak-harus-selalu-minum-8-gelas-tiap-hari-ini-5-aturan-minum-air-putih/1/#news
  3. https://health.kompas.com/read/2020/01/27/072500768/perlukah-minum-air-putih-8-gelas-sehari-?page=all
  4. https://www.alodokter.com/jangan-remehkan-manfaat-air-putih
  5. https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/apakah-minum-terlalu-banyak-air-bisa-berbahaya/
  6. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3239733/terlalu-banyak-minum-waspada-keracunan-air-putih
  7. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3082947/kenapa-dehidrasi-usai-minum-kopi

= = = =

(Narasi asli dalam gambar dan narasi teks)
“Don’t Do This!
Drinking too much water can be dangerous to you because your kidneys can’t get rid of the excess water. And there is no scientific proof that Drink 8 glasses of water every day has any health benefits.

👉Where does the 8-glasses guideline come from?

✅ In 1945, the U.S. Food and Nutrition Board recommended that people drink 2.5 liters (84.5 ounces) a day. Evidently, most who read this then ignored the following sentence, “Most of this quantity is contained in prepared foods.”
Whatever “prepared” meant in 1945, all food contains water, especially
vegetables and fruits.

👉How do I know when to drink?

✅ The human body is beautifully designed to let you know you need to drink long before you are at risk of becoming dehydrated. Drink when you are thirsty. If
you are doing strenuous work in a hot environment, you need to drink extra
fluid to make up for what you lose through perspiration (sweat).

✅Use the color of your urine as a guide. Your urine should be light yellow. If it
looks like water, you are drinking more than you need. If it is dark yellow or
orange you need to drink more.

👉What should I drink?

✅Water is healthy. Sugared drinks like pop and sweetened teas are not. Juice,
especially dark colored juices like mango and berry juices, are healthy in small
(one glass a day) amounts. Coffee and tea, in moderation, are also sources of
fluid. Research has shown that coffee does not cause dehydration.

Repost @instabeautytricks”

Penulis: Nadine Salsabila Naura Marhaeni
Editor: Bentang Febrylian