[SALAH] Video Gerhana Bulan 2021 di Benua Arktik

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Video tersebut merupakan hasil suntingan oleh seorang ahli CGI yang pertama kali diunggah melalui akun TikTok pada 17 Mei 2021, bukan merupakan video gerhana bulan di Benua Arktik pada 26 Mei 2021 lalu.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.ph/pW0vY

= = = = =

NARASI:

[diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia]

“Fenomena ini terlihat di Arktik.. yang terletak di antara wilayah Rusia & Kanada. Bulan muncul sebesar ini dan menghilang selama kira-kira 30 detik. Fenomena yang menakjubkan”

= = = = =

PENJELASAN:

Pengguna Twitter dengan nama pengguna bibik24hours mengunggah sebuah video yang menunjukkan bulan berukuran raksasa tengah melintasi langit dan kemudian menghilang. Unggahan tersebut juga disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa fenomena tersebut terjadi di Benua Arktik, Kutub Utara, saat gerhana bulan pada 26 Mei 2021 lalu.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut merupakan hasil suntingan oleh seorang ahli CGI, bukan merupakan video gerhana bulan di Benua Arktik pada 26 Mei 2021 lalu. Video serupa pertama kali diunggah oleh akun TikTok ahli CGI tersebut, aleksey__nz, pada 17 Mei 2021.

Artikel dengan topik serupa juga pernah dimuat dalam situs Snopes dengan judul artikel “Does Video Show Giant Moon Blocking the Sun Over the Arctic?” dan mengkategorikannya sebagai ‘false’.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh pengguna Twitter dengan nama pengguna bibik24hours tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://vt.tiktok.com/ZSJmb1fqW/

Does Video Show Giant Moon Blocking the Sun Over the Arctic?

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian