[SALAH] Video “pemudik lewat sungai”

Video tahun 2016 dan tidak terkait dengan larangan mudik Lebaran 2021. Kejadian dalam video itu terjadi di Kabupaten Maluku Tengah. Mobil tersebut nekat menyeberangi sungai Way Kawanua akibat jembatan di wilayah itu ambruk sehingga akses wilayah tersebut terputus.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Salah
===========================================

Akun Twitter Abdul Mu’ti (twitter.com/Abe_Mukti) pada 10 Mei 2021 mengunggah sebuah video dengan narasi sebagai berikut:

“Apakah itu video pemudik? Kalau benar, sungguh sangat beresiko. Kalau mau sedikit cerdik, pemudik tidak perlu lewat sungai seperti itu. Lewat jalur biasa saja. Kalau dihentikan petugas, cukup bilang: kami TKA dari Cina. Mungkin akan diizinkan. Selamat mencoba.”

Sumber : https://archive.ph/D8SWQ (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya video sejumlah mobil yang nekat menyeberangi sungai yang dikaitkan dengan larangan mudik Lebaran 2021 merupakan klaim yang salah.

Faktanya, video itu merupakan video tahun 2016 dan tidak terkait dengan larangan mudik Lebaran 2021. Kejadian dalam video itu terjadi di Kabupaten Maluku Tengah. Mobil tersebut nekat menyeberangi sungai Way Kawanua akibat jembatan di wilayah itu ambruk sehingga akses wilayah tersebut terputus.

Video yang identik, salah satunya dimuat di artikel berita berjudul “Tindakan Nekat Daihatsu Terios Seberangi Sungai Deras, Hasilnya?” yang terbit di situs liputan6.com pada 19 September 2016.

Dilansir dari artikel tersebut, melalui video yang diunggah BMK The Best Video Collection Channel memperlihatkan dua Daihatsu Terios masing-masing berwarna hitam dan putih mengambang di tengah sungai. Namun demikian, mereka berhasil mengendalikan SUV tersebut di tengah sungai yang meluap. Agar tidak salah arah, rombongan yang telah tiba di ujung seberang kemudian memandu mobil yang masih mengambang di sungai ke tepian. Mereka berbaris di bagian sungai yang dangkal untuk mendorong mobil apabila arus terlalu deras.

REFERENSI
https://www.liputan6.com/otomotif/read/2605272/tindakan-nekat-daihatsu-terios-seberangi-sungai-deras-hasilnya
https://www.vidio.com/watch/451310
https://www.kompas.com/tren/read/2021/05/10/164500265/video-viral-mobil-seberangi-sungai-disebut-akibat-penyekatan-mudik

About Adi Syafitrah 1182 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo