[SALAH] “Pendukung Habib Rizieq Shihab rela wakafkan nyawa karena Surga telah menanti”

Hasil Periksa Fakta Fachrun Nisa (Universitas Muhammadiyah Luwuk).

Judul artikel tersebut telah disunting.

Selengkapnya pada penjelasan!

= = = = =

KATEGORI: MANIPULATED CONTENT

= = = = =

SUMBER:

FACEBOOK

https://archive.vn/wip/bBgo8

= = = = =

NARASI: “Emak-Emak Pendukung Habieb Rizieq Shihab Rela Wakafkan Nyawanya Karena Kami Percaya Surga Telah Menanti Kami Dan Kami Jadi Bidadari Nya”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah postingan berupa hasil tangkapan layar dari sebuah artikel yang diunggah oleh salah satu media online okezone.com

Pada postingan foto yang beredar tersebut diklaim bahwa para ibu pendukung Rizieq rela menyerahkan nyawanya karena surga telah menanti dan mereka adalah Bidadarinya.

Setelah dilakukan penelusuran pada media online terkait, ditemukan fakta bahwa judul artikel yang beredar di media sosial Facebook telah disunting dan ditambahkan. Judul artikel sebenarnya yang diunggah oleh okezone.com adalah “Emak-Emak Pendukung Habib Rizieq Shihab Rela Wakafkan Nyawanya”.

Dengan demikian informasi yang beredar di Facebook sebagaimana postingan yang beredar tersebut tidak benar, sehingga informasi tersebut masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

=====

REFERENSI:

https://megapolitan.okezone.com/amp/2021/04/12/338/2393174/emak-emak-pendukung-habib-rizieq-shihab-rela-wakafkan-nyawanya

Penulis Fachrun Nisa

Editor Bentang Febrylian