[SALAH] Foto “Allahuakbar Sajadah Di Temukan Utuh Dan Tidak Hancur Di Serpihan Kapal Selam KRI Nanggala 402. Subhanallah”

BUKAN dari kapal selam KRI Nanggala 402. Sajadah di foto itu bagian dari puing-puing pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1/2021).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Salah
===========================================

Akun Facebook Muslim Haeruddin (fb.com/muslim.haeruddin.9) pada 25 April 2021 mengunggah sebuah foto dengan narasi sebagai berikut:

“ALLAHUAKBAR SAJADAH DI TEMUKAN UTUH DAN TIDAK HANCUR DI SERPIHAN KAPAL SELAM KRI NANGGALA 402. SUBHANALLAH…”

Di foto itu tampak salah seorang anggota TNI mengangkat sajadah berwarna coklat utuh dari puing-puing benda yang diklaim milik KRI Nanggala 402.

Sumber : https://archive.ph/rOGsf (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya foto sajadah utuh yang diklaim bagian dari kapal selam KRI Nanggala 402 merupakan konten yang salah.

Faktanya, bukan dari kapal selam KRI Nanggala 402. Sajadah di foto itu bagian dari puing-puing pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1/2021).

Foto yang indentik, dimuat di artikel berjudul “PENEMUAN KOTAK PENYIMPANAN MEMORI CVR” yang terbit pada 15 Februari 2021 di situs antarafoto.com.

Keterangan foto itu menyebutkan, Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI AL Abdul Rasyid (ketujuh kiri) memeriksa serpihan pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ 182 hasil operasi pencarian di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat (15/1/2021). Di bagian kiri tampak personel TNI mengangkat sajadah berwarna cokelat dari puing-puing pesawat.

Selain itu, di situs Antara Foto juga menampilkan foto temuan hasil pencarian dari barang-barang serta puing-puing dari KRI Nanggala 402. Salah satu temuan adalah potongan alas salat, bukan sajadah utuh seperti yang diunggah oleh sumber klaim.
Temuan ini disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono pada Sabtu (24/4/2021).

Barang-barang yang ditemukan ialah berupa pelurus tabung torpedo, pembungkus pipa pendingin dan satu buah botol berisikan pelumas periskop kapal selam. Selain itu, tim pencarian juga menemukan adanya satu potongan alas yang biasa digunakan para ABK untuk salat.

REFERENSI
https://www.antarafoto.com/peristiwa/v1610711101/penemuan-kotak-penyimpanan-memori-cvr
https://www.antarafoto.com/peristiwa/v1619262904/temuan-bagian-kri-nanggala-402
https://www.suara.com/news/2021/04/24/184616/ini-alas-salat-abk-kapal-selam-kri-nanggala-yang-ditemukan-tim-pencarian

About Adi Syafitrah 1142 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo