[SALAH] Pertamina Tegal Gede Kebakaran

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Bukan kebakaran. Faktanya, kobaran api yang terlihat dari kawasan Pertamina Tegal Gede merupakan dampak dari pembakaran gas untuk perawatan fasilitas pipa pembuangan gas.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====

[KATEGORI]:
MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

archive.vn/xsvcg

=====

[NARASI]:

“Mengerikan, Pertamina Tegal Gede Cikarang Terbakar. Semoga Tidak Memakan Korban Jiwa”

=====

[PENJELASAN]:

Sebuah unggahan dari akun Facebook bernama Bekasikepo, menampilkan video yang diklaim sebagai kebakaran yang terjadi di Pertamina Tegal Gede. Video yang juga beredar luas di berbagai medsos lain ini memperlihatkan kobaran api yang cukup besar, yang berasal dari kawasan Pertamina, yang ada di Tegal Gede.

Namun klaim yang menyatakan bahwa ledakan itu adalah ledakan akibat kebakaran Pertamina Tegal Gede adalah sebuah kekeliruan.

Melansir dari artikel Liputan6.com, Manager Communication Relations & CSR Pertamina Gas, Elok Riani Ariza menyatakan, kobaran api tersebut diakibatkan oleh perawatan rutin di Stasiun Kompresor Gas (SKG) Tegal Gede, Bekasi pada Senin 19 April 2021. Perawatan tersebut merupakan bagian dari perawatan fasilitas penyaluran gas, untuk menjaga performa sarana distribusi gas agar tetap berfungsi optimal.

Aktivitas utama pembersihan pipa adalah mengalirkan gas dari Citarik ke Tegal Gede, Bekasi. Seterusnya dilanjutkan dengan pengecekan tekanan pada pipa dan aktivitas pembakaran gas atau flaring.

Elok menambahkan bahwa kobaran api yang dihasilkan flaring merupakan kondisi yang normal terjadi. Setelah proses perawatan selesai, kondisi sekitar Stasiun Kompresor Gas (SKG) Tegal Gede terpantau kembali kondusif.

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyatakan bahwa kobaran api di kawasan Pertamina Tegal Gede merupakan peristiwa kebakaran adalah hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:

https://m.liputan6.com/amp/4538164/cek-fakta-tidak-benar-pertamina-tegal-gede-kebakaran

https://www.kompas.tv/article/166299/kobaran-api-yang-muncul-dari-pertamina-gas-tegal-gede-adalah-kondisi-normal-saat-perawat

Editor: Bentang Febrylian