[SALAH] “Presiden USA Joe Biden berlutut, memohon maaf didepan anak lelaki George Floyd”

BUKAN anak George Floyd. Anak laki-laki yang merupakan anak dari pemilik toko yang dikunjungi Joe Biden di Detroit, Michigan pada September 2020. Ketika itu, Biden yang masih berstatus sebagai calon Presiden AS ini mampir ke toko pakaian bernama Three Thirteen di tengah kampanyenya di Michigan. Pemilik toko itu bernama Clement Brown, sementara anaknya bernama CJ Brown.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Salah
===========================================

Akun Facebook Khairul Asyhar Idris (fb.com/.com/khairul.a.idris) pada 14 April 2021 mengunggah sebuah gambar ke grup BERSATU CAWANGAN SEKSYEN 4 WANGSA MAJU dengan narasi sebagai berikut:

“Pemimpin hebat dunia , Presiden USA Joe Biden berlutut, memohon maaf didepan anak lelaki George Floyd diatas kesilapan pihak Polis terhadap kematian Bapanya. “Ular menyusur akar, tidak akan hilang bisanya”

Foto itu dilengkapi dengan teks sebagai berikut: “We are sorry – US Government awards George Floyd’s family $ 27 million dollars for his untimely death caused by the police officers an incidence that caused World-wide demonstrations. President Joe Biden had to kneel down in front of George Floyd’s son to ask for forgiveness.”

Sumber : archive.ph/q4kkQ (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim CekFakta Tempo, klaim adanya foto Presiden AS Joe Biden berlutut memohon maaf di depan anak George Floyd adalah konten yang salah.

Faktanya, bukan anak George Floyd. Anak laki-laki yang merupakan anak dari pemilik toko yang dikunjungi Joe Biden di Detroit, Michigan pada September 2020. Ketika itu, Biden yang masih berstatus sebagai calon Presiden AS ini mampir ke toko pakaian bernama Three Thirteen di tengah kampanyenya di Michigan. Pemilik toko itu bernama Clement Brown, sementara anaknya bernama CJ Brown.

Dilansir dari Tempo, ditemukan bahwa foto tersebut diambil oleh fotografer kantor berita Associated Press (AP) saat Joe Biden berbelanja untuk cucunya di sebuah toko di Detroit, Michigan. Bocah dalam foto tersebut adalah anak si pemilik toko, bukan anak George Floyd.

Foto itu pernah dimuat situs berita Local12.com dalam artikelnya pada 17 April 2021. Menurut artikel ini, yang mengutip AP, foto tersebut diambil pada 9 September 2020. Ketika itu, Joe Biden yang masih berstatus sebagai calon Presiden AS dari Partai Demokrat, sedang berbincang dengan pemilik toko Three Thirteen, Clement Brown dan anaknya, CJ Brown. Biden mengunjungi toko itu untuk berbelanja bagi cucu-cucunya.

Tempo kemudian menelusuri foto tersebut di situs stok foto milik AP, AP Images. Foto itu merupakan foto karya Patrick Semansky yang diambil pada 9 September 2020 di Detroit, Michigan. Foto ini diberi keterangan sebagai berikut:

“Calon presiden dari Partai Demokrat sekaligus mantan wakil presiden Joe Biden mengunjungi CJ Brown (kanan) dan Clement Brown, putra dan ayah dari pemilik Three Thirteen, ketika Biden datang untuk berbelanja bagi cucu-cucunya di toko yang terletak di Detroit tersebut, Rabu, 9 September 2020. Biden mengunjungi Michigan untuk acara-acara kampanye.”

Foto yang identik yang diambil dari sudut berbeda juga diabadikan oleh fotografer bernama Chip Somodevilla. Foto ini bisa ditemukan di situs stok foto Getty Images. Di Getty Images, foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

“Mengenakan masker untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh virus Corona, calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden berlutut untuk mengobrol dengan CJ Brown saat berbelanja di Three Thirteen, sebuah toko pakaian di Avenue of Fashion, 9 September 2020, di Detroit, Michigan. Biden berkampanye di Michigan, negara bagian yang dimenangkan oleh Presiden Donald Trump pada 2016 dengan selisih kurang dari 11 ribu suara, margin kemenangan terkecil dalam sejarah pemilihan presiden negara bagian.”

Di akun Instagram pribadinya pun, Joe Biden pernah mengunggah foto yang identik yang diambil dari sudutberbeda. Foto itu dibagikan pada 15 September 2020. Foto-foto lain yang diambil dari momen yang sama juga pernah diunggah oleh Karen Travers, koresponden ABC di Gedung Putih, di akun Twitter miliknya pada 10 September 2020.

REFERENSI
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1338/keliru-klaim-ini-foto-biden-berlutut-di-depan-anak-george-floyd
https://local12.com/news/nation-world/photo-shows-president-biden-with-young-boy-in-detroit-not-george-floyds-son-social-media
http://www.apimages.com/metadata/Index/APTOPIX-Election-2020-Biden/c28be0bc2adb4831a83d1fd55e7fff94/1/0
https://www.gettyimages.co.uk/detail/news-photo/wearing-a-face-mask-to-reduce-the-risk-posed-by-the-news-photo/1271608748
https://www.instagram.com/p/CFKYTOnhvtJ/
https://twitter.com/karentravers/status/1303817239045513217

About Adi Syafitrah 1140 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo