[SALAH] “Pantai di China”

Hasil Periksa Fakta Fachrun Nisa (Universitas Muhammadiyah Luwuk).

Informasi yang keliru, foto tersebut merupakan sebuah pantai di Copacabana Rio de Janeiro, pertama kali diunggah pada tahun 2013 di situs media Brasil Globo.

Selengkapnya pada penjelasan!

= = = = =

KATEGORI: FALSE CONTEXT

= = = = =

SUMBER: Instagram https://archive.ph/wip/YqTHb

= = = =

NARASI:

“Pantai di China. Jika anda kehilangan anak disini, sebaiknya anda membuat anak yang baru”

= = = = =

PENJELASAN:

Tengah beredar di Media Sosial Instagram sebuah foto yang menampilkan kerumunan manusia di tepi Pantai, foto tersebut diunggah oleh akun @faktadunia.info, dalam narasinya, diklaim bahwa pantai tersebut berada di China.

Setelah ditelusuri, ternyata Informasi tersebut tidak benar. Foto pantai tersebut pertama kali diunggah pada tahun 2013 di situs media Brasil Globo.Pantai tersebut berada di Copacabana, Rio de Janeiro. Adapun kerumunan manusia tersebut sedang menanti kedatangan Paus Francis ke Rio de Janeiro . Kerumunan tersebut telah berkumpul di pantai Copacabana untuk melihatnya.

Dengan demikian informasi yang beredar di Instagram terkait pantai di China tersebut tidak benar, sehingga informasi tersebut masuk dalam kategori konten yang salah.

=====

REFERENSI:

http://g1.globo.com/jornada-mundial-da-juventude/2013/fotos/2013/07/fotos-jornada-mundial-da-juventude-2013.html#F890020

https://observers.france24.com/fr/20180717-intox-plage-chine-rio-pape

Penulis : Fachrun Nisa

Editor : Bentang Febrylian