[SALAH] Video “kelakuan Yahudi ngebohongin dunia se olah² di vaccine padahal tdk”

Video itu merupakan simulasi yang dilakukan oleh staf sebuah organisasi kesehatan di Israel, Magen David Adom (MDA) atas dasar permintaan seorang pasien yang tidak punya waktu untuk merekam proses vaksinasi.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Koneksi yang Salah
===========================================

Akun Twitter Fahmi Alkatiri (twitter.com/FKadrun) pada 23 Maret 2021 mengunggah sebuah video dengan narasi sebagai berikut:

“tu liat kelakuan Yahudi ngebohongin dunia se olah² di vaccine padahal tdk, dia ga tau ada cctv yg lg ngerekam..”

Sumber : https://archive.md/pObFY (ARsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Medcom, klaim adanya video Yahudi membohongi dunia dengan seolah-olah divaksin adalah klaim yang salah.

Faktanya, video itu merupakan simulasi yang dilakukan oleh staf sebuah organisasi kesehatan di Israel, Magen David Adom (MDA) atas dasar permintaan seorang pasien yang tidak punya waktu untuk merekam proses vaksinasi.

Dilansir dari Medcom, kegiatan vaksinasi itu dilakukan sebuah organisasi kesehatan di Israel, Magen David Adom (MDA). MDA memberikan klarifikasi terkait video itu.

“Kami berbicara tentang berita palsu dari tingkat paling bawah. Staf Magen David Adom, yang telah memberikan lebih dari satu juta vaksinasi kepada orang Israel, dari waktu ke waktu memenuhi permintaan vaksinasi untuk merekam proses vaksinasi dalam foto atau video. . Dalam kasus ini, pasien tidak punya waktu untuk merekam proses vaksinasi. Oleh karena itu, dia meminta anggota staf MDA untuk mensimulasikan proses injeksi dengan jarum suntik kosong. Klaim apa pun bahwa itu adalah jarum suntik yang diisi sama sekali tidak benar,” tulis situs newsru.co.il dalam laporannya, 2 Maret 2021.

REFERENSI
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/8N0jPxdk-cek-fakta-video-bukti-yahudi-bohongi-dunia-seolah-olah-divaksin-ini-faktanya
https://www.newsru.co.il/israel/02mar2021/mada_fake.html (Terjemahan: https://bit.ly/3sjMUQa)

About Adi Syafitrah 1226 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo