[SALAH] Foto “HRS Jelas Didzolimi, Tangan Dipelintir Oleh Petugas Hingga Lebam”

Foto editan dengan menambahkan warna merah pada tangan HRS. Foto asli memperlihatkan suasana HRS saat tiba di Polda Metro Jaya pada Sabtu 12 Desember 2020. Pada foto itu tidak terlihat pergelangan HRS mengalami lebam atau memar.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
===========================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Beredar video berjudul “GEMPAR!!! – TANGAN HABIB RIZIEK DIPELINTIR UNTUK MENGHADIRI PERSIDANGAN HINGGA TERKILIR DAN LEBAM” yang diunggah oleh kanal Youtube TITIK TUMPU pada 19 Maret 2021.

Pada gambar thumbnail video ini, terdapat foto HRS sedang mengepalkan tangan dan pergelangan tangannya tampak berwarna merah dan terdapat narasi “# REZIM SENGAJA INGIN MENGHABISI HABIB RIZIEK, HRS JELAS DIDZOLIMI TANGAN DIPELINTIR OLEH PETUGAS HINGGA LEBAM.”

Sumber : https://archive.md/6jhdq (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Medcom, klaim bahwa tangan HRS dipelintir oleh petugas untuk menghadiri persidangan hingga terkilir dan lebam merupakan klaim yang dimanipulasi.

Faktanya, foto itu merupakan foto editan dengan menambahkan warna merah pada tangan HRS. Foto asli memperlihatkan suasana HRS saat tiba di Polda Metro Jaya pada Sabtu 12 Desember 2020. Pada foto itu tidak terlihat pergelangan HRS mengalami lebam atau memar.

Dilansir dari Medcom, foto yang identik diunggah salah satunya diunggah oleh situs Okezone pada Sabtu 12 Desember 2020 12:56 WIB dengan keterangan “Habib Rizieq Shihab tiba di Polda Metro Jaya (Foto: Ari Sandita)”

Sementara itu, foto yang seolah memperlihatkan tangan Rizieq dipelintir merupakan suasana saat kasus Rizieq sudah masuk persidangan pada pertengahan Maret 2021. Di antaranya seperti diunggah Kanal YouTube Kompas TV pada 19 Maret 2021. Tidak ada laporan atau hasil pemeriksaan resmi bahwa tangan Rizieq benar dipelintir petugas. Pula tidak ada hasil pemeriksaan resmi dari pihak kedokteran terkait kondisi tangan Rizieq.

REFERENSI
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/akWLRy4K-cek-fakta-foto-tangan-rizieq-shihab-lebam-dipelintir-petugas-ini-faktanya
https://megapolitan.okezone.com/read/2020/12/12/338/2326344/habib-rizieq-acungkan-jempol-tampak-semangat-diperiksa-polda-metro
https://www.youtube.com/watch?v=PTjdVanMG_c

About Adi Syafitrah 1182 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo