[SALAH] Tautan Registrasi Program Kartu Prakerja

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, informasi resmi terkait registrasi program kartu prakerja hanya dapat diakses melalui https://www.prakerja.go.id/.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten Tiruan

====

Sumber: Website
kartu-prakerja.com

====

Narasi:

“Registrasi Program Kartu Prakerja

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya sebesar 600 ribu rupiah yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.
Bantuan dana sebesar 600 ribu rupiah akan diberikan setiap bulan selama program ini berjalan
Layanan ini tidak dikenakan biaya apapun (GRATIS)”

====

Penjelasan:

Telah beredar tautan situs registrasi program kartu prakerja. Setelah tautan tersebut dibuka, terdapat informasi yang menyebutkan bahwa kartu prakerja memberikan bantuan biaya sebesar 600 ribu rupiah yang diberikan setiap bulan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK, maupun pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Berdasarkan hasil penelusuran, tautan tersebut bukanlah tautan resmi registrasi kartu prakerja. Tautan resmi yang disediakan pemerintah untuk registrasi kartu prakerja dapat diakses melalui https://www.prakerja.go.id/. Mengutip dari Suara, Manajemen Pelaksana Program menginformasikan bahwa kartu prakerja akan segera dibuka, namun ia belum dapat memastikan kapan waktu pendaftarannya dibuka kembali.

Sebagai tambahan, tautan palsu registrasi kartu prakerja itu baru dibuat 25 hari yang lalu dengan informasi pembuatnya disembunyikan dan servernya berasal dari Ontario, Kanada.

Informasi terkait kartu prakerja sebelumnya pernah dibahas dalam artikel Turn Back Hoax berjudul [SALAH] “bantuan sebesar 600.000 dari pemerintah lewat program prakerja” pada 16 Februari 2021.

Dari berbagai fakta yang telah dipaparkan, tautan registrasi kartu prakerja ini dapat dikategorikan sebagai Konten Tiruan.

====

Referensi:

https://www.prakerja.go.id/

https://www.suara.com/news/2021/02/19/100330/info-prakerja-gelombang-12-alur-dan-cara-daftar-di-prakerjagoid?page=all

https://domainbigdata.com/kartu-prakerja.com

Editor: Bentang Febrylian