[SALAH] Foto Beruang Kutub Berkeliaran di Kota Thrall, Texas, Amerika Serikat

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Foto tersebut bukan merupakan foto beruang kutub berkeliaran di Kota Thrall, Texas, Amerika Serikat, melainkan foto beruang kutub yang berkeliaran di Kota Longyearbyen, Norwegia, pada 28 Desember 2019 yang lalu.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/f2MFc

= = = = =

NARASI:

[diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia]

“Beruang Kutub terlihat di Thrall Texas”

= = = = =

PENJELASAN:

Pengguna Facebook William Ramos mengunggah sebuah foto (15/2) yang menunjukkan seekor beruang kutub yang tengah berkeliaran di jalan. Foto tersebut juga disertai dengan keterangan yang menyatakan bahwa kejadian tersebut berlokasi di Kota Thrall, Texas, Amerika Serikat.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut bukan merupakan foto beruang kutub berkeliaran di Kota Thrall, Texas, yang tengah dilanda cuaca ekstrem, melainkan foto beruang kutub yang berkeliaran di Kota Longyearbyen, Norwegia, pada 28 Desember 2019 yang lalu. Foto serupa juga pernah diunggah oleh media Norwegia, ‘Svalbard Posten’, dalam artikel yang berjudul “Polar Bear in Longyearbyen: Ends Action Due to Bad Weather”.

Artikel dengan topik serupa juga telah diunggah oleh situs Reuters dengan judul artikel “Fact check: Photo Shows Polar Bear in Longyearbyen, Norway in 2019” dan mengkategorikannya sebagai ‘false’.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh pengguna Facebook William Ramos tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://svalbardposten.no/avslutter-aksjon-pa-grunn-av-darlig-var/19.11851

https://www.reuters.com/article/uk-factcheck-photo-polar-bear-norway/fact-check-photo-shows-polar-bear-in-longyearbyen-norway-in-2019-idUSKBN2AH26E

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian