[SALAH] Video “Viralkan ini kelakuan perempuan laknat thd pembatu”

Bukan video penganiayaan terhadap seorang asisten rumah tangga. Video itu merupakan perundungan terhadap perempuan yang dilakukan antar teman karena kecemburuan. Kejadian terjadi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kejadian itu sudah ditangani pihak kepolisian.

=====

Kategori: Konten yang Salah

=====

Sumber: Whatsapp

=====

Narasi:

“Viralkan ini kelakuan perempuan laknat thd pembatu kalau ada keluarga yang tdk punya pekerjaan jangan mau jadi pembatu kasihan kalau di perlakukan gini. Tolong sebar kalau tau ini biar segera di tangkap pelakunya”

=====

Penjelasan:

Beredar video yang diklaim sebagai aksi penganiayaan terhadap seorang asisten rumah tangga perempuan. Dalam video tersebut tampak beberapa perempuan menganiaya seorang perempuan lainnya.

Berdasarkan hasil penelusuran, aksi penganiayaan tersebut bukan penganiayaan terhadap seorang pembantu. Aksi penganiayaan itu terjadi di Kalimantan Selatan lantaran kecemburuan antar teman.

Dilansir dari kompas.com, Kasat Reskrim Polresta Banjarmasin, AKP Alfian Tri Permadi, mengatakan bahwa, saat dimintai keterangan oleh polisi pelaku mengaku menganiaya korban, AND (17) dilatar belakangi cemburu karena korban kerap berhubungan dengan kekasih salah satu pelaku. “Korban sering menghubungi pacar mereka masing-masing. Itu yang membuat emosi mereka memuncak hingga melakukan penganiayaan,” ungkap AKP Alfian Tri Permadi kepada wartawan, Jumat (28/1/2021).

Antara korban dan para pelaku kata Alfian memang saling berteman. Selain karena cemburu, yang membuat para pelaku dendam dan emosi karena korban juga sering memakai baju pelaku tanpa meminta izin. “Pelaku ada dendam dengan korban karena korban sering memakai baju salah satu pelaku tanpa memberitahu,” jelasnya.

Ternyata, tidak hanya korban yang masih di bawah umur. Tiga pelaku juga ternyata masih di bawah umur, mereka masing-masing berinisil RM (16), AN (14) dan FTR (16). Namun kata Alfian, korban kini mengalami trauma usai dianiaya oleh para pelaku. “Pemeriksaan didampingi psikolog ya, sama sama kita ketahui, korban traumatik pasca kejadian,” tambahnya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten sebaran Whatsapp tersebut masuk ke dalam kategori Konten yang Salah.

=====

Referensi:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/ZkeYyr8k-cek-fakta-viral-video-wajah-asisten-rumah-tangga-ditendang-berkali-kali-ini-faktanya

https://regional.kompas.com/read/2021/01/29/18465441/cemburu-motif-3-pelaku-lakukan-perundungan-pada-rekannya-di-hotel-di?page=all