[SALAH] Akun Facebook Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor

Hasil periksa fakta Rahmah An Nisaa (Uin Sunan Ampel Surabaya).

Informasi yang salah. Faktanya, akun Facebook mengatasnamakan Isran Noor adalah palsu. Ia tidak memiliki akun Facebook.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

=====

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/KONTEN TIRUAN

SUMBER: Facebook

https://www.facebook.com/isran.noor.94
(https://archive.vn/nQY9B)

=====

PENJELASAN:
Beredar akun Facebook Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, dengan nama pengguna “Isran Noor”. Akun tersebut menggunakan foto profil, Gubernur Isran Noor saat melakukan salam komando bersama Menteri Pertahanan RI yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dengan latar gambar Jenderal Besar Soedirman, serta memiliki pertemanan sebanyak 160.

Dari penelusuran diketahui akun tersebut palsu. Dikutip dari laman Facebook Pemprov Kaltim, Kepala Biro Humas Setda Provinsi Kaltim HM Syafranuddin, mengklarifikasi bahwa Gubernur Isran Noor tidak membuat akun pribadi di Facebook dan media sosial lainnya.

“Kepada masyarakat Kaltim dan Indonesia dimana pun berada, kami ingin mengklarifikasi bahwa akun Facebook atas nama Isran Noor itu adalah palsu. Gubernur Isran Noor tidak pernah membuat akun pribadi di Facebook dan media sosial lainnya,” kata Syafranuddin pada Kamis (21/1/2021).

Syafranuddin menambahkan, agar tidak melayani atau merespon akun palsu tersebut, apalagi jika meminta bantuan uang atau bentuk lainnya. Dari penelusuran di atas, akun Facebook Isran Noor masuk kategori Konten Tiruan atau Imposter Content.

=====

REFERENSI:
https://www.facebook.com/pemprovkaltim/posts/1323343991357719
https://kliksamarinda.com/sstt-ada-fake-account-facebook-gubernur-isran-noor/

Penulis: Rahmah An Nisaa
Editor: Bentang Febrylian