[SALAH] Potongan Video Banjir “Dengan harapan kita semua yang berada di Kalimantan Selatan air lekas surut”

BUKAN banjir di Kalimantan Selatan, video rekaman banjir di Pondok Gede Permai Bekasi tahun 2020.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

Twitter, https://archive.md/IWsnF (arsip cadangan).

======

NARASI

“Dengan harapan kita semua yang berada di Kalimantan Selatan air lekas surut dan semua masyarakat selalu dalam keadaan sehat wal afiat. Terimakasih para Relawan dan Tim Evakuasi yang tak pernah lelah dalam berbuat kebaikan. Sama-sama mendoakan #PrayforKalSel”.

======

PENJELASAN

(1) First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”

* SUMBER membagikan potongan video yang direkam di Pondok Gede Permai Bekasi dengan narasi yang menghubungkan dengan peristiwa banjir di Kalimatan Selatan yang menimbulkan kesimpulan yang keliru.


(2) Salah satu video yang berkaitan,

* MUSIK KAWAN @ 3 Januari 2020: “Video amatir”.


(3) Beberapa artikel yang berkaitan,

* suarajabar.id @ 3 Januari 2020: “Rekaman belasan mobil hanyut terbawa arus banjir setinggi tiga meter di Perumahan Pondok Gede Permai (PGP) Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih Kota Bekasi yang terjadi pada Rabu (1/1/2020), sempat viral di berbagai media sosial (medsos).”

* detikNews @ 2 Januari 2020: “Banjir besar yang menerjang Perumahan Pondok Gede Permai, Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat, membuat mobil-mobil warga saling bertumpuk. Kondisi mobil pun rusak mulai dari kaca pecah hingga bodi yang penyok.”

======

REFERENSI

(1) firstdraftnews.org: “Berita palsu. Ini rumit.” http://bit.ly/2MxVN7S (Google Translate), http://bit.ly/2rhTadC.

(2) youtube.com: “Warga histeris melihat puluhan mobil mewah hanyut oleh banjir. ( PGP BEKASI )” https://archive.md/Ho5iC (arsip cadangan).

(3) suara.com: “Ini Cerita Perekam Detik-detik Belasan Kendaraan yang Hanyut di PGP Bekasi” https://bit.ly/3sulyHu / https://archive.md/RmI4t (arsip cadangan).

(4) detik.com: “Sisa Banjir di Pondok Gede Permai: Mobil Tumpuk-tumpukan, Jalan Penuh Lumpur” https://bit.ly/3iheXLZ / https://archive.md/LQGWE (arsip cadangan).