[SALAH] “Wanita Ini B3rhubungan Dengan Seekor Babi Hingga Menghasilkan Anak”

Foto pada tautan yang dibagikan bukan foto seorang perempuan berhubungan dengan babi hingga menghasilkan anak. Foto tersebut merupakan foto Zhu Chou, perempuan asal China, dengan peliharaan babinya yang sempat viral di tahun 2015. Isi artikel di dalam tautan yang dibagikan, yakni tanyajawab[dot]id, juga tidak ada kaitan atau menjelaskan isi foto dan judul.

=====

Kategori: Koneksi yang Salah

=====

Sumber: Facebook

https://archive.vn/75MoD

Arsip tanyajawab[dot]id:

https://archive.vn/EyLxL

=====

Narasi:

“Sunguh Sangat Memalukan.Wanita Ini B3rhubungan Dengan Seekor Babi Hingga Menghasilkan Anak.”

=====

Penjelasan:

Akun Facebook Umii Ririn membagikan tautan dari tanyajawab[dot]id dengan judul “Sunguh Sangat Memalukan.Wanita Ini B3rhubungan Dengan Seekor Babi Hingga Menghasilkan Anak.” Pada artikel dan cuplikan tautan tersebut tampak foto seekor babi dengan seorang perempuan.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa foto yang digunakan tersebut bukan merupakan foto seorang perempuan berhubungan dengan seekor babi hingga menghasilkan anak. Foto tersebut merupakan foto Zhu Chou, perempuan asal China, dengan peliharaan babinya.

Dilansir dari dailymail.co.uk, foto Zhu dengan babi peliharaannya sempat viral di tahun 2015. Zhu memeliharanya sejak babi tersebut masih kecil di rumahnya. Ia dan suaminya memelihara babi dan beberapa peliharaan lainnya, seperti kelinci dan anjing, di kediamannya yang terletak di Distrik Chaoyang Kota Beijing.

Adapun, mengacu kepada laporan dailymail.co.uk, Zhu kerap memposting kebersamaan dengan babi peliharaannya di media sosial asal China Weibo.

Perihal isi artikel yang ada di laman tanyajawab[dot]id, tidak ada penjelasan mengenai klaim yang ada pada judulnya. Isi artikel perihal usia kehamilan perempuan. Tidak ada kaitannya dengan foto yang digunakan pada artikel tersebut.

Berdasarkan penjelasan itu, maka konten yang dibagikan itu masuk ke dalam kategori False Connection atau Koneksi yang Salah. Sebab, judul, foto, dan isi artikel tidak terkait satu dengan lainnya.

=====

Referensi:

https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1383925938606604/

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4445626/cek-fakta-tidak-benar-wanita-ini-berhubungan-dengan-babi-hingga-menghasilkan-anak

https://www.dailymail.co.uk/news/peoplesdaily/article-3042053/Would-share-bed-pet-s-PIG-Chinese-woman-charts-life-190lb-hog-Five-Flowers-walks-dresses-sleeps-day.html