[SALAH] “Survei Populi Center: 71,8 Persen Masyarakat Bangga Dipimpin Jokowi.Hanya Kardun Dungu Yang Tak Bangga Akan Presiden Yang Amanah Ini”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (Institut Agama Islam Negeri Surakarta).

Gambar tersebut tidak benar. Faktanya, gambar tersebut merupakan tangkapan layar dari artikel kompas.com yang disunting pada bagian judulnya.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/ucL7k

= = = = =

NARASI:

“Survei Populi Center: 71,8 Persen Masyarakat Bangga Dipimpin Jokowi.Hanya Kardun Dungu Yang Tak Bangga Akan Presiden Yang Amanah Ini”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar di Facebook akun bernama Tjah Angon Ouzouqmakiy Minatowhouriy pada 9 November 2020 membagaikan gambar berupa tangkapan layar dengan judul “Survei Populi Center: 71,8 Persen Masyarakat Bangga Dipimpin Jokowi.Hanya Kardun Dungu Yang Tak Bangga Akan Presiden Yang Amanah Ini”.

Setelah ditelusuri, gambar tersebut merupakan suntingan dari salah satu artikel milik kompas.com dengan judul “Survei Populi Center: 71,8 Persen Masyarakat Bangga Dipimpin Jokowi” pada 9 November 2020. Adapun hasil survei yang didapatkan sebanyak 68,7 persen masyarakat menilai bahwa kinerja Jokowi-Ma’ruf sudah baik selama setahun pemerintahan. Kemudian sebanyak 25,6 persen masyarakat menjawab buruk dan masyarakat yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab pertanyaan ini sebesar 5,3 persen.

Dengan demikian, dari hasil penelusuran gambar di Facebook merupakan hasil suntingan dari artikel kompas.com. Sehingga hal tersebut masuk ke dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:

https://amp.kompas.com/nasional/read/2020/11/09/15170651/survei-populi-center-718-persen-masyarakat-bangga-dipimpin-jokowi