[SALAH] Surat Sean Connery Kepada Steve Jobs

Hasil periksa fakta Rizqi Abdul azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia).

Surat tersebut palsu. Pemeran karakter James Bond, Sean Connery tidak pernah mengirimkan surat tersebut pada Steve Jobs.

= = = = =

KATEGORI: KONTEN PALSU

= = = = =

SUMBER: TWITTER

https://archive.vn/KdF15

= = = = =

NARASI:

“Sean connery #RIP,
ini surat dia ke steve jobs menolak utk di masukkan ke iklan kampanye think different apple.
Yeah! He is a F**ing James Bond!
#SeanConnery”

“December 11, 1998
Mr. Stephen P. Jobs
c/o Apple Computers
l Infinite Loop
Cupertino, California

Mr. Jobs:
I will say this one more time,” it begins. “You do understand English, don’t you? I do not sell my soul for Apple or any other company. I have no interest in ‘changing the world’ as you suggest. You have nothing that I need or want. You are a computer salesman — I am f—— JAMES BOND!
I can think of no quicker way to destroy my career than to appear in one of your crass advert. Please do not contact me again.
Best,
Sean Connery”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Twitter bernama Irham Anshar (@IrhamAnshar) mengunggah cuitan pada 01/11/2020 berupa gambar surat dari Sean Connery, mantan pemeran James Bond kepada Steve Jobs, c/o Apple Inc. Dalam isi surat diperlihatkan penolakan Connery untuk membintangi iklan produk Apple dengan kata-kata kasar.

Dari hasil penelusuran diketahui surat tersebut palsu. Connery tidak pernah mengirimkan surat tersebut kepada Steve Jobs. Surat itu pertama kali diunggah pada 19/1/2011 melalui situs ‘Scoopertino’, sebuah situs berita parodi yang banyak memuat berita tentang perusahaan Apple. Slogan di atas artikel berbunyi: “ALL THE NEWS THAT’S FIT TO FABRICATE” yang menandakan bahwa berita dalam artikel tersebut adalah palsu.

Dalam artikel berjudul “EXPOSED: The iMac disaster that almost was” tersebut diceritakan Steve Jobs adalah penggemar berat karakter James Bond dan berencana menggunakannya sebagai pemeran iklan produk Apple. Namun Connery menolak tawaran tersebut dengan mengirim surat kepada Steve Jobs dengan nada kasar.

Berita tentang surat tersebut sempat trending di Twitter pada tahun 2011 sehingga situs berita washingtonpost.com membahas keaslian surat tersebut. Dalam artikel dijelaskan bahwa surat tersebut palsu dan sengaja dibuat hanya untuk hiburan. Dengan kematian Sean Connery pada 31/10/2020, surat tersebut kini beredar lagi di internet tanpa banyak yang mengetahui jika surat tersebut palsu.

Dari penelusuran di atas, surat dari Sean Connery kepada Steve Jobs tersebut masuk kategori Konten Palsu.

= = = = =

REFERENSI:
https://www.politifact.com/factchecks/2020/oct/31/viral-image/fake-sean-connery-letter-steve-jobs-spreads-wake-h/
https://www.washingtonpost.com/blogs/faster-forward/post/fake-sean-connery-letter-to-steve-jobs-is-twitter-sensation/2011/06/21/AG3qlPeH_blog.html
https://archive.is/uTCs3

= = = = =

NARASI LANJUTAN:

Terjemahan Isi Surat:

“Desember 11, 1998
Tuan Stephen P. Jobs
c/o Apple Computers
I Infinite Loop
Cupertino, California

Tuan Jobs:
Saya akan mengatakan ini satu kali lagi, “Anda paham bahasa Inggris kan? Saya tidak menjual jiwa saya untuk Apple atau perusahaan lain. Saya tidak punya ketertarikan pada konsep ‘mengubah dunia’ seperti yang anda sarankan. Anda tidak punya punya apapun yang saya butuhkan atau inginkan. Anda adalah penjual komputer dan saya adalah JAMES BOND!

Saya pikir tidak ada cara tercepat untuk menghancurkan karir saya selain muncul di salah satu iklan bodohmu. Tolong jangan hubungi saya lagi

Tertanda,
Sean Connery”