[SALAH] Pesan Berantai Undian Hadiah Uang Tunai dari Telkomsel

Hasil periksa fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia).

Pesan berantai mengatasnamakan program Telkomsel tersebut hoaks. Telkomsel mengimbau masyarakat agar waspada terhadap penipuan undian penipuan mengatasnamakan Telkomsel. Tautan asli Telkomsel hanya www.telkomsel.com.

= = = = =

KATEGORI: KONTEN PALSU

= = = = =

SUMBER: PESAN BERANTAI WHATSAPP

= = = = =

NARASI:

“PROGRAM TELKOMSEL
Mengucapkan Selamat No. Anda M-dptkan hadian KE 2 Rp. 100 JUTA KODE ID Anda (a77fg49)
Cek Hadiah klik
http://bit.ly/info-telkomsel”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar pesan berantai Whatsapp mengatasnamakan Telkomsel dengan klaim penerima pesan mendapat hadiah uang Rp100 juta dengan menyertakan ‘ID’ dan sebuah tautan.

Dari hasil penelusuran diketahui pesan tersebut adalah hoaks. Dilansir dari papua.antaranews.com Alfon Oktrianda General Manager Curtomer Sales Telkomsel Regional dan Papua di Jayapura, mengatakan dalam menyampaikan segala informasi untuk pelanggan, baik melalui program, layanan, produk, ataupun promosi berhadiah, pihaknya selalu menggunakan mekanisme pemberitahuan resmi. Pemberitahuan resmi seperti melalui surat, pemberitaan di media massa nasional, informasi di GraPRI terdekat atau di Call Center Telkomsel serta situs resmi perusahaan www.telkomsel.com, salah satunya seperti pengumuman pemenang undian yang diadakan Telkomsel.

Tautan yang dicantumkan juga bukan merupakan situs resmi keluaran Telkomsel. Sebelumnya situs serupa pernah beredar dengan domain yang berbeda. Dilansir dari inet.detik.com, pihak Telkomsel menyatakan tidak pernah membuat pengumuman, selain di situs resmi Telkomsel.

“Jelas itu palsu, karena kita tidak pernah membuatnya. Cuma memang dibuat dengan mengambil gambar dari kita,” jelas Adita Irawati, Head of Corporate Communications Group Telkomsel (25/2/2013).

Dari penelusuran di atas pesan berantai tersebut masuk kategori Konten Palsu.

REFERENSI:
https://papua.antaranews.com/berita/560984/telkomsel-papua-ingatkan-pelanggan-waspadai-penipuan-program-undian-berhadiah
https://www.telkomsel.com/about-us/news/telkomsel-imbau-pelanggan-waspada-penipuan-mengatasnamakan-telkomsel
https://twitter.com/Telkomsel/status/1167089835980414977?s=19
https://inet.detik.com/telecommunication/d-2179363/situs-undian-palsu-beredar-telkomsel-ingatkan-pelanggan