[SALAH] Akun Facebook Wali Kota Payakumbuh “Riza Falepi”

Akun dengan foto profil Riza berkemeja putih adalah PALSU. Riza Falepi menyatakan bahwa terdapat oknum yang sengaja membuat akun palsu mengatasnamakan dirinya. Riza mengaku tengah melacak oknum yang terindikasi akan melakukan tindak penipuan tersebut.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

===

PENJELASAN: Beredar akun Facebook mengatasnamakan Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi. Akun tersebut dibuat semirip mungkin dengan mencantumkan informasi pribadi yang sama dengan akun asli. Pada 10 Agustus 2020, ramai teman Facebook Riza menerima permintaan pertemanan dari akun tersebut. Modusnya berlanjut dengan meminta nomor Whatsapp dan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS ke telepon genggam pengguna.

Menanggapi hal tersebut, Riza menyatakan bahwa akun dengan foto dirinya mengenakan kemeja putih adalah palsu. Melansir dari padangkita.com, Riza mengaku tengah melakukan pelacakan dan akan melaporkan ke pihak berwajib apabila terbukti melakukan tindak pidana.

“Kita masih melacaknya, kalua barang bukti sudah jelas, maka dalam hal ini tidak tertutup kemungkinan kita akan mengambil Tindakan hukum kepada oknum tersebut,” pungkas Riza.

Berikut klarifikasi resmi Riza Falepi melalui media sosial:

Kepada teman-teman facebook saya, beberapa waktu belakangan ada pihak yang tidak bertanggung jawab menghubungi beberapa orang melalui akun facebook (AKUN PALSU) yang mengatasnamakan RIZA FALEPI dan meminta untuk melakukan sesuatu seperti memberikan nomor whatsapp, kode verifikasi dan lainnya.

Melalui kesempatan ini, Saya klarifikasi bahwa akun tersebut adalah AKUN PALSU yang di duplikasi sehingga mirip seperti akun asli saya dan digunakan untuk tujuan-tujuan yang tidak baik.

Bagi teman-teman yang menerima permintaan pertemanan serta pesan dari akun tersebut agar tidak menghiraukannya. Kita berharap oknum yang melakukan ini agar segera menghentikan aksinya. Ini merupakan salah satu bentuk kejahatan Siber (Cyber Crime) yang bisa dijerat UU ITE.

Di Era Teknologi yang semakin canggih ini, Mari kita lebih bijak dalam menggunakan Media Sosial !

Terima kasih atas perhatian teman-teman semua, Semoga kita terlindungi dari segala bentuk kejahatan dan marabahaya.

Ttd

H. Riza Falepi, ST, MT
Wali Kota Payakumbuh

===

REFERENSI:

https://web.facebook.com/riza.falepi.52/posts/928392281015411?_rdc=1&_rdr
https://www.suara.com/partner/content/padangkita/2020/08/13/124442/waspada-muncul-akun-facebook-palsu-riza-falepi-diduga-buat-penipuan
http://sitinjausumbar.com/berita/detail/waspada-penipuan-akun-facebook-baru-wako-payakumbuh-jadi-korban