Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).
Klarifikasi oleh pihak BCA melalui website resminya meenyatakan bahwa adanya modus penipuan baru melalui akun palsu yang mengatasnamakan bank BCA dan kerap kali sering mengirimkan pesan kepada pengguna media sosial.
= = = = =
KATEGORI: Konten Tiruan / Imposter Content
= = = = =
SUMBER: Instagram
= = = = =
NARASI:
“Goodlifebca
•bca.co.id/dibikinsimpel
•Akun Resmi Instagram PT. Bank Central Asia TBK
•BCA Terdaftar & Diawasi OJK
•#Dibikinsimpel
bit.ly/PembukaanRekeningOnlineIG”
= = = = =
PENJELASAN:
Beredar beberapa postingan dari akun Instagram goodlifebca._._ dengan foto tanpa narasi pada setiap postingannya, terlihat beberapa postingan tersebut berisikan tentang giveaway berupa voucher diskon dan pulsa. Akun ini telah diikuti oleh 30 akun dan mengikuti 484 akun lainnya.
Berdasarkan dari website resmi bank BCA yaitu bca.co.id, disebutkan bahwa mulai maraknya modus penipuan dengan akun palsu sosial media BCA yang kerap mengirim pesan melalui direct message (DM) dan mengakui sebagai pusat layanan BCA.
Salah satu ciri-ciri akun resmi bank BCA dijabarkan dengan adanya centang biru pada akun tersebut yang merupakan akun yang telah diverifikasi, tidak mengikuti akun bisnis lainnya selain akun yang berhubungan dengan bisnis BCA dan tidak melakukan direct message terlebih dahulu kepada user media sosial.
BCA juga menegaskan bahwa BCA tidak pernah meminta data pribadi seperti nomor kartu ATM, kode OTP (One Time Password), PIN, nomor CVV kartu kredit, dan data perbankan lainnya.
Melihat dari penjelasan tersebut, akun media sosial BCA yang mengirimkan pesan kepada pengguna media sosial terlebih dahulu adalah tidak benar dan termasuk dalam Konten Tiruan / Imposter Content.
= = = = =
REFERENSI:
https://www.bca.co.id/id/awasmodus/awas-modus-jangan-follow-akun-palsu-sosmed-bca
https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-waspada-akun-palsu-sosial-media-bca.html