Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO UI)
Bukan WNA, tapi WNI yang kuliah dan bekerja di luar negeri kemudian dipanggil kembali ke Indonesia.
= = = = =
KATEGORI: Misleading Content/Konten yang Menyesatkan
= = = = =
SUMBER: Facebook
= = = = =
NARASI:
“INFO BUMN
Warga Negara Australia bernama Antonius Reiner Haryanto diangkat menjadi Direktur Transformasi Bisnis Holding Rumah Sakit BUMN Pertamedika.
Ini pertama kalinya Warga Negara Asing menjadi Direksi di BUMN Indonesia.
Mohon bantu sebarkan info ini.
#TolakWnaJadiDireksiBumn”
= = = = =
PENJELASAN:
Beredar informasi melalui media sosial Facebook mengenai Warga Negara Australia atas nama Antonius Reiner Haryanto yang diangkat menjadi Direktur Transformasi Bisnis Holding RS BUMN Pertamedika dan diklaim merupakan pertama kalinya WNA menjadi direksi di BUMN Indonesia.
Berdasarkan dari penelusuran tentang profil Antonius Reiner Haryanto sendiri adalah Direktur Transformasi Bisnis PT Pertamina Bina Medika IHC dan merupakan lulusan sarjana di Unika Parahyangan lalu menyelesaikan gelar magister di University of New Wales, Sidney Australia. Antonius kemudian melanjutkan pendidikan doktoral dengan judul penelitian “A New Development Model for Implementation of Sustainable Priority/Critical Infrastructure” ketika dipanggil kembali ke Indonesia untuk mengabdi dan saat ini berdomisili di Jakarta.
Arya Sinulingga, Stafsus Kementrian BUMM mengklarifikasikan dari artikel periksa fakta liputan6.com bahwa PT Pertamedika tempat Antonius menjadi direksi hanyalah anak usaha BUMN dan berstatus sebagai diaspora ketika dipanggil kembali ke Indonesia. Beliau juga menjelaskan WNA menjadi direksi BUMN bukanlah yang pertama kalinya, salah satunya adalah Erik Meijir yang diangkat menjadi Direktur Pemasaran & Penjualan Garuda Indonesia pada tahun 2013.
Melihat dari penjelasan tersebut, informasi tersebut tidak benar dan termasuk
dalam Misleading Content/Konten yang Menyesatkan.
= = = = =
REFERENSI:
http://pertamedika.co.id/bod.aspx
https://en.tempo.co/read/479706/erik-meijer-as-the-new-garudas-marketing