[SALAH] Foto “Dua NYONYA BESAR dari klan cendana mengawal aksi demo nenolak RUU HIP”

Bukan saat demo RUU HIP Juni 2020. Di foto itu, Titiek Soeharto sedang bersama massa yang melakukan aksi kawal MK di sekitaran Patung Kuda, Jakarta Pusat pada Kamis, 27 Juni 2019.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten yang Salah
============================================

Akun Dwi Basuki (fb.com/dwi.basuki.3388) mengunggah sebuah foto dengan narasi sebagai berikut:

“#BadutanPolitik
Episode: DONATUR NGAK MAU RUGI
Dua NYONYA BESAR dari klan cendana tertangkap kamera mengawal aksi demo nenolak RUU HIP”

Foto itu memperlihatkan Siti Hediati Hariyadi atau alias Titiek Soeharto sedang bersama sejumlah orang.

Sumber : https://archive.md/18k0H (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa Siti Hediati Hariyadi atau alias Titiek Soeharto tertangkap kamera mengawal aksi demo menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) adalah klaim yang salah.

Bukan saat demo RUU HIP Juni 2020. Di foto itu, Titiek Soeharto sedang bersama massa yang melakukan aksi kawal MK di sekitaran Patung Kuda, Jakarta Pusat pada Kamis, 27 Juni 2019.

Dikutip dari Tempo.co, Titiek Soeharto yang saat itu sebagai anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga ikut menghadiri aksi massa Halal Bihalal PA 212 untuk mengawal sidang putusan MK. Kedatangannya menjadi pusat perhatian massa.

Titiek turun di sekitar massa yang berada di dekat Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis, 27 Juni 2019. Massa yang melihat sosok Titiek pun segera mendekati. Massa juga berebut untuk meminta berswafoto bersama putri mantan presiden Soeharto itu. Ada yang berfoto berdua, ada juga yang berfoto beramai-ramai. Titiek menggunakan baju berwarna krem dan topi senada. Ia tampak sabar meladeni massa yang ingin berfoto dengannya.

Titiek kala itu turut ambil bagian menuntut MK memenangkan Prabowo Subianto sebagai Presiden terpilih periode 2019-2024. Titiek mengaku kecewa bila MK tidak mengabulkan tuntutan tersebut.

“Tentunya akan kecewa kalau mereka tidak bisa memutuskan yang baik, malah memenangkan yang curang itu, tentunya kita pasti akan kecewa, semua pasti akan kecewa,” kata Titiek seperti dilansir Medcom.id, Kamis 27 Juni 2019.

Sementara itu, sejumlah organisasi yang tergabung dalam Aliansi Nasional Anti-Komunis (Anak NKRI) berdemonstrasi menuntut pencabutan Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila atau RUU HIP, di depan Gedung MPR/DPR, Jakarta, pada Rabu, 24 Juni 2020.

Pantauan Medcom.id, massa mulai berkumpul di depan gerbang Kompleks Parlemen di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, sejak pukul 12.30 WIB. Masa mengular hingga jalan raya.

REFERENSI
https://www.genpi.co/photos/view/205/titiek-soeharto-menjadi-incaran-foto-selfie-oleh-massa-yang-melakukan-aksi-kawal-mk
https://metro.tempo.co/read/1218933/saat-massa-aksi-di-mk-berebut-berfoto-dengan-titiek-soeharto
https://www.medcom.id/pemilu/news-pemilu/JKRVRn7K-titiek-soeharto-tuntut-mk-memenangkan-prabowo
https://nasional.tempo.co/read/1357174/fpi-cs-akan-demo-tolak-ruu-hip-di-dpr-klaim-peserta-ribuan/full&view=ok
https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/zNPGJegK-gabungan-ormas-islam-demo-tolak-pembahasan-ruu-hip

About Adi Syafitrah 941 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo