[SALAH] “majalah Italia tahun 1962 menggambarkan yang akan terjadi pada 2022”

TIDAK spesifik menyebut tahun 2022. Selain itu, konteks yang benar mengacu ke kemacetan lalu lintas, BUKAN ke aspek-aspek COVID-19.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

(Versi Bahasa Indonesia dari: [FALSE] “1962 Italian magazine described 2022 world would look like” https://bit.ly/3cMoRBu).

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

Akun “Sofian J. Anom” (facebook.com/SofianAnom), sudah dibagikan 1 kali per tangkapan layar dibuat.

* https://archive.md/QobOm (arsip cadangan).

* Membagikan post akun “劉向南” (Liu Xiangnan), dibahas di: [FALSE] “1962 Italian magazine described 2022 world would look like” https://bit.ly/3cMoRBu.

======

NARASI

“Sebuah majalah Italia sudah menggambarkan akan adanya keharusan untuk melalukan physical distancing dan penggunaan pelindung tubuh. Mungkin karena saat itu tahun 1962 sehingga keadaan yang digambarkan akan terjadi adalah nanti pada tahun 2022.”

======

PENJELASAN

(1) First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”

Selengkapnya di http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S.

* SUMBER membagikan gambar seni ilustrasi koran mingguan Itali “La Domenica del Corriere”, edisi 16 Desember 1962.

* SUMBER menambahkan narasi yang salah yang menimbulkan kesimpulan keliru.


(2) Beberapa artikel yang berkaitan,

* HOAX OR FACT: ““Akankah kita berkeliling kota seperti ini? Inilah bagaimana masalah lalu lintas di kota-kota dapat diringankan, jika tidak sepenuhnya diselesaikan: mobil kecil dengan satu tempat duduk yang menempati area kecil … “

Jadi, foto tersebut benar-benar menunjukkan bagaimana masalah lalu lintas di kota-kota dapat diringankan di masa depan menggunakan mobil kecil, kursi tunggal (singlet) yang menempati area yang sangat sedikit. Dengan kata lain, ini menunjukkan transportasi perkotaan masa depan – bukan pasca pandemi global COVID-19 pada tahun 2022.”

Selengkapnya di “1962, Visi Majalah Dunia Italia pada 2022 – Foto: Pemeriksaan Fakta” https://bit.ly/2LKzhFO / http://archive.md/1rh1A (arsip cadangan).

* facta.news: “Oleh karena itu ilustrasi, sejauh yang dapat dipertimbangkan di garis depan memikirkan kelahiran, beberapa tahun kemudian, alat transportasi yang dirancang untuk mengangkut satu individu pada suatu waktu (seperti, misalnya, Twizy yang diproduksi oleh Renault), tidak ada hubungannya lihat dengan coronavirus baru dan tidak ada referensi eksplisit untuk 2022. Seperti yang terlihat, depan dan belakang jumlah La Domenica del Corriere yang diterbitkan pada 16 Desember 1962 berkisar pada tema lalu lintas kota dan kemungkinan solusi untuk menguranginya.”

Google Translate, selengkapnya di https://bit.ly/3bGtjjT.

======

REFERENSI

* Pinterest: “Sampul Domenica del Corriere tanggal 16 Desember 1962, n. 50.”

Google Translate, selengkapnya di “Seni Majalah” https://bit.ly/2ydyf22.