[SALAH] “Maaf bu Menteri”

Membagikan artikel tanpa sebelumnya memeriksa isinya. Artikel tahun 2017, saat itu yang menjabat Menteri Ketenagakerjaan adalah seorang pria.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

(1) Akun “Musni Umar” (twitter.com/musniumar), sudah dibagikan 893 kali per arsip dibuat.

http://archive.md/dd2Hc (arsip cadangan).

(2) Akun “GELORA NEWS” (twitter.com/geloraco), sudah dibagikan 393 kali per arsip dibuat.

https://archive.md/QXd6c (arsip cadangan), membagikan artikel di https://archive.md/8OW5C.

======

NARASI

“Maaf bu Menteri. Pernyataannya merendahkan peketja Indonesia. Tidak boleh ada Menteri apalagi Menteri Tenaga RI buat pernyataan seperti itu. Kalau rendah kualitas mereka tugasmu meningkatkan kualitas mereka.”

======

PENJELASAN

(1) First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”

Selengkapnya di http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S.

* SUMBER (1) membagikan artikel tahun 2017 tanpa memeriksa isi artikel sebelumnya.

* SUMBER (1) menyebut “bu” ke menteri yang saat itu adalah seorang pria, mengacu ke menteri yang saat ini seorang wanita.


(2) Beberapa informasi yang berkaitan,

* Wikipedia: “Muhammad Hanif Dhakiri, S.Ag., M.Si. (lahir di Semarang, 6 Juni 1972; umur 47 tahun) adalah Menteri Ketenagakerjaan pada Kabinet Kerja (2014-2019).”

Selengkapnya di “Hanif Dhakiri” https://bit.ly/2WJNzfj / https://archive.md/o5KjY (arsip cadangan).

* Wikipedia: “Dra. Hj. Ida Fauziyah, M.Si. (lahir di Mojokerto, 16 Juli 1969; umur 50 tahun) adalah Menteri Ketenagakerjaan pada Kabinet Indonesia Maju Joko Widodo – Ma’ruf Amin periode 2019-2024 [1].”

Selengkapnya di “Ida Fauziyah” https://bit.ly/2WgR25H / https://archive.md/Ay1rB (arsip cadangan).

======

REFERENSI

Beberapa artikel yang berkaitan,

* AKURAT.CO: “Dia menyatakan kritik ke Menaker dalam akun media sosialnya, Twitter, @musniumar yang dipantau Akurat.co, Sabtu (9/5/2020). Uniknya dia mengkritik Menaker saat ini menjabat, yakni Ida Fauziyah, dengan pemberitaan dari media massa yang di unggah pada tahun 2017 silam. Dimana Menaker masih dijabat oleh Hanif Dhakiri.”

Selengkapnya di “Tak Hanya Fadli Zon, Musni Umar Juga Pakai Berita Tahun 2017 untuk Kritik Menaker, Yunarto: Niat Provokasi?” https://bit.ly/2SNZAPF / https://bit.ly/2xNZfoF (arsip cadangan).

* suara.com @ 23 Jan 2017: “”Kita selama ini berorietasi ke pendidikan formal, yang dari segi kurikulum belum sempurna. Jadi problem kita sebenarnya adalah missmatch, bukan ke persoalan lapangan kerjanya‎‎,” ujarnya.

Menurutnya, jika hal ini dibiarkan secara terus-menenurus, Hanif khawatir tenaga kerja asing memiliki kesempatan yang besar untuk bekerja di Indonesia. Apalagi seluruh negara di ASEAN memasuki MEA dimana nantinya TKA bisa bebas keluar dan masuk.

“Ini makanya kualitas tenaga kerja di Indonesia masih rendah sehingga masyarakat kita sulit bersaing dalam MEA. 60 persen masyarakat Indonesia hanya lulusan SD dan SMP, ini membuat Indonesia semakin kalah dengan negara lain,” katanya.”

Selengkapnya di “Menaker Akui Kualitas Pekerja Indonesia di Bawah Pekerja Cina” https://bit.ly/2LgqxqO / https://archive.md/dyWf9 (arsip cadangan).