[SALAH] Penangkapan Maling Berkepala Anjing di Klaten

Beredar sebuah video dengan klaim bahwa video tersebut merupakan kejadian penangkapan maling dengan kondisi kepala sudah berubah menjadi anjing. Faktanya, video yang dimaksud bukanlah video penangkapan maling seperti yang disebutkan dalam tangkapan layar.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FALSE CONTEXT

===

SUMBER: WHATSAPP

===

NARASI:

“Untuk rekan-rekan yang sedang berjaga harap berhati-hati. Sekadar info lokasi Klaten Cawas maling berhasil ditangkap, namun dengan kondisi kepala sudah berubah menjadi kepala anjing, harap berhati-hati dan jangan lupa berdoa agar kita terselamatkan dari hal-hal yang buruk, amin”

===

PENJELASAN: Masyarakat Cawas, Klaten digegerkan dengan munculnya informasi seputar telah tertangkapnya seorang maling namun dengan kondisi kepala yang sudah berubah menjadi anjing.  Menurut narasi yang beredar, masyarakat Klaten diminta waspada, terlebih lagi untuk mereka yang tengah berjaga.

Namun pasca dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui bahwa video tersebut bukanlah video penangkapan maling. Melalui situs web berbagi video Youtube, ditemukan fakta bahwa video tersebut merupakan video penangkapan beruang madu di daerah Kulonprogo yang lepas beberapa waktu lalu.

Informasi pada tangkapan layar tersebut masuk ke dalam kategori false context, atau yang berarti sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

===

REFERENSI:

https://jogja.suara.com/read/2020/05/02/162454/beredar-info-maling-berkepala-anjing-tertangkap-di-cawas-ini-faktanya
https://regional.kompas.com/read/2020/04/30/13474741/dua-beruang-madu-di-kulon-progo-lepas-dari-kandang-tertangkap-di-pekarangan
https://jogja.suara.com/read/2020/04/30/092500/kepala-konservasi-sebut-beruang-madu-yang-lepas-karena-kelalaian-petugas
https://jogja.suara.com/read/2020/04/30/085357/sempat-tak-mempan-dibius-dua-beruang-madu-yang-lepas-berhasil-ditangkap