[SALAH] Ir Soekarno: Perjuanganmu Akan Lebih Sulit Melawan Anak Saya

Hasil Periksa Fakta Helmi Fadillah Dwi Putra (Anggota Komisariat MAFINDO IISIP)

Pernyataan Ir. Soekarno dipelintir. Pernyataan yg benar ialah “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.”

==

KATEGORI: Manipulated Content

==

SUMBER: TWITTER

==

NARASI:

“Halooo Bu Megatron

Yeet!

PERJUANGANKU LEBIH MUDAH MELAWAN PENJAJAH

PERJUANGANMU AKAN LEBIH SULIT KARENA MELAWAN ANAK SAYA”

==

PENJELASAN:

Beredar meme sarkasme pada akun Twitter @memefess dengan karikatur wajah Presiden Pertama. Ir Soekarno dengan narasi pelintiran “PERJUANGANKU LEBIH MUDAH MELAWAN PENJAJAH PERJUANGANMU AKAN LEBIH SULIT KARENA MELAWAN ANAK SAYA” yang diketahui anak dari Ir Soekarno tersebut adalah Ibu Megawati Soekarnoputri yang kini menjabat di salah satu petinggi partai PDIP.

Berdasarkan penelusuran dengan mesin pencari, postingan meme tersebut merupakan tidak benar dan hasil editan pamflet tersebut. Ir Soekarno tidak pernah bernarasi “PERJUANGANMU AKAN LEBIH SULIT MELAWAN ANAK SAYA.”

Setelah ditelusuri narasi asli tersebut merupakan pidato Ir Soekarno saat Hari Pahlawan 10 November 1961 “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” Dan tidak ditemukan soal lebih berat melawan anak dari Ir Soekarno.

Hasil dari penelusuran bahwa meme kutipan pidato Ir Soekarno tersebut, tidak benar dan menyesatkan. Sehingga konten tersebut dinyatakan sebagai Manipulated Content.

==

REFERENSI:

http://archive.md/Ggn5V

https://id.pinterest.com/pin/235735361715912524/

https://id.wikipedia.org/wiki/Soekarno

https://hot.liputan6.com/read/4050804/25-kata-bijak-soekarno-tentang-kebangsaan-tingkatkan-semangat-cinta-tanah-air

https://www.tagar.id/16-ucapan-bijak-soekarno-sebagai–motivasi