[SALAH] Pasien Berstatus Positif Covid-19 di Wilayah Tiban Melarikan Diri

Masyarakat Tiban dikejutkan dengan viralnya sebuah pesan yang menyebut bahwa telah melarikan diri seorang pasien berstatus positif virus corona atau Covid-19 di wilayah Tiban, Batam. Namun hal tersebut mendapat bantahan langsung dari Dinas Kesehatan setempat dan petugas Percepatan Penanganan Covid-19 wilayah Batam.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FABRICATED CONTENT

===

SUMBER: PESAN BERANTAI WHATSAPP

===

NARASI:

Hati-hati Tiban Koperasi ada yang positif Covid-19 Blok K, Ruli, atas nama Ikhwannudin asal …. usia 25 tahun lab positif tapi pasien tidak kooperatif, tidak terbuka.

Jadi mohon lebih hati-hari buat yang lainnya ya. Safety health kalau ke luar rumah, pakek masker karena Tiban sudah ada yang positif, untuk keluarganya sekarang masih dicari karena belum ada info ke mana.

Semoga aja sudah ikut diisolasi ya. Awalnya korban baru pulang dari Malaysia dan periksa ke RS Elisabet terus dirujuk ke RSOB dan hasil lab positif…sekian info dari perangkat RT kami

===

PENJELASAN: Viral sebuah pesan berantai yang menyebut bahwa telah melarikan diri seorang pasien berstatus positif virus corona atau Covid-19 di wilayah Tiban, Batam. Menurut pesan yang beredar, masyarakat diminta waspada apabila ingin keluar rumah mengingat tidak diketahuinya keberadaan pasien.

Pasca beredarnya informasi yang cukup membuat resah masyarakat Tiban tersebut, pihak terkait pun akhirnya angkat bicara. Melansir dari suryakepri.com, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam menyatakan bahwa pesan viral tersebut adalah tidak benar alias hoaks. Kepala Dinkes Kota Batam, Didi Kusmarjadi menyatakan hingga saat ini pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Batam masih berjumlah 10 orang.

“Belum. Masih 10 orang. Kalau bukan kami yang umumkan artinya hoaks,” tegas Didi.

Senada dengan Kadinkes Kota Batam, pernyataan serupa juga dilontarkan oleh Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Azril Apriansyah. Azril menegaskan hingga saat ini belum terdapat penambahan jumlah pasien positif Covid-19 di Batam.

“Info yang saya dapat masih seperti kemarin, belum ada penambahan yang positif. Itu belum didukung data yang benar,” jelasnya.

===

REFERENSI: