[SALAH] “Mantap cara presiden Vladimir Putin, dengan menyebar hewan buas supaya warganya tidak keluar rumah”

Foto tahun 2016 dan BUKAN di Rusia. Singa itu adalah seekor “bintang” dari sebuah film dan bernama Colombus. Aksinya berkeliaran di jalanan kota adalah bagian dari sebuah shooting film di di kota Johannesburg, Afrika Selatan pada April 2016.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
=============================================

Akun Larasati Anggoro (fb.com/riane.stalion) mengunggah sebuah gambar tangkapan layar dengan narasi :

“Mantap cara presiden Vladimir Putin,..dengan menyebar hewan buas,…supaya warganya tidak keluar rumah….. Lain di Negara +62….bukan hewan buas yg di sebar…malah kodok dan cebong yang di sebar”

Di gambar yang memperlihatkan seekor singa yang tampak ada di jalanan itu, terdapat narasi:
“Rusia:
Kurungan:
Vladmir Putin telah menjatuhkan 800 singa di seluruh negeri untuk mendorong orang-orang untuk tinggal di rumah.”

Sumber : https://perma.cc/3KYL-WH7Q (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa gambar singa di jalanan itu adalah cara Presiden Rusia Vladimir Putin agar warganya tidak keluar rumah adalah klaim yang salah.

Foto itu, sudah diunggah sejak tahun 2016, dan lokasinya bukan di Rusia melainkan di kota Johannesburg, Afrika Selatan.

Salah media yang memberitakan kejadian ini adalah Kompas.com lewat artikel berita berjudul “Warga Panik Lihat Singa Berkeliaran di Jalan, Ternyata “Shooting” Film” pada 18 April 2016.

Seekor singa jantan besar tertangkap kamera sedang berkeliaran di beberapa ruas jalan di kota Johannesburg, Afrika Selatan. Tak hanya berkeliaran, singa jantan ini terlihat naik ke sebuah mobil dan meregangkan punggungnya. Foto-foto hewan buas ini dengan cepat menyebar di internet.

Namun, warga kota bisa bernapas lega setelah mengetahui bahwa ternyata singa yang berkeliaran di jalanan itu bukanlah singa liar. Sang raja hutan itu ternyata adalah seekor “bintang” dari sebuah film dan bernama Colombus. Aksinya berkeliaran di jalanan kota adalah bagian dari sebuah shooting film.

Colombus yang tinggal di sebuah taman singa tak jauh dari kota Johannesburg itu sudah tampil di sejumlah iklan dan film. Saat melakukan shooting ini, seluruh ruas jalan yang digunakan Colombus untuk “berakting” ditutup oleh rumah produksi yang membuat film ini.

Meski demikian, beberapa orang sempat terkejut dan ketakutan saat melihat Colombus menyusuri sejumlah ruas jalan.

“Sangat aneh melihat seekor singa berjalan-jalan di kota. Yang ada di dalam kepala saya saat itu adalah lari,” kata Irvaan Dolley dari Ibiza, Spanyol.

“Namun perlahan-lahan, situasi terkendali, dan kami tak dalam bahaya, meski singa itu berada tak jauh dari kami,” tambah Dolley.

Ternyata, produsen film diketahui belum mendapatkan izin untuk pengambilan gambar adegan menegangkan itu. Demikian menurut Badan Pengelola Jalan Johannesburg.

REFERENSI
https://yogyakarta.kompas.com/read/2016/04/18/18585761/Warga.Panik.Lihat.Singa.Berkeliaran.di.Jalan.Ternyata.Shooting.Film
https://nypost.com/2016/04/15/a-lion-named-columbus-decided-to-explore-johannesburg/
https://www.dailymail.co.uk/news/article-3541594/Paws-traffic-lights-Giant-male-lion-seen-prowling-streets-South-Africa-s-biggest-city-s-not-dangerous-d-think.html

About Adi Syafitrah 929 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo