[SALAH] “Corona sudah masuk ke TB telaga Bestari , pramugari lion air sdh terinfeksi dan saat ini di rawat di RS Annisa”

Pihak Lion Air dan RS AN-NISA Tangerang sudah membantah kabar tersebut. Tidak ada Pramugari Lion Air terinfeksi virus corona atau Covid-19 sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Annisa.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten Palsu
=============================================

Akun Bella Sikin (fb.com/bella.sopiah.1) mengunggah sebuah gambar tangkapan layar percakapan Whatsapp dengan narasi :

“Dapet info dari suami,trus nga jadi ke tangerang nya karna ada virus corona semoga cepet mereda wabah virus corona nya”

Di gambar itu terdapat narasi:
“Info terbaru…Corona sudah masuk ke TB telaga Bestari , pramugari lion air sdh terinfeksi dan saat ini di rawat di RS Annisa Di himbau untuk tdk jln2 ke TB dan juga Citra raya Udh masuk tangerang”

Sumber : https://perma.cc/VV44-PD69 (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Liputan6, klaim bahwa ada Pramugari Lion Air terinfeksi virus corona atau Covid-19 yang sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Annisa adalah salah.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menyatakan, tidak ada Pramugari Lion Air yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dia pun membantah kabar seorang Pramugari Lion Air terkonfirmasi positif Covid-19 sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Annisa.

“Lion Air menyatakan tidak benar adanya info yang menyatakan pramugari terkena virus,” kata Danang, saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (17/3/2020).

Menurut Danang, Lion Air sudah mengimbau seluruh pegawainya untuk tetap menjaga kesehatan, lingkungan, makan teratur dan memberikan rekomendasi lainnya. Tujuannya, agar terhindar dari Covid-19.

“Dalam upaya menjaga kesehatan, yang bertujuan untuk keselamatan dan keamanan penerbangan,” tuturnya.

Manajemen Rumah Sakit AN-Nisa Tangerang pun telah membantah kabar sedang merawat pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Informasi bantahan tersebut melalui akun resmi Instagram rsannisatangerang.

Berikut isinya:
“Manajemen RS AN-NISA TANGERANG menghimbau bahwa sampai saat ini kami tidak merawat pasien positif COVID-19. Dan tidak ada tenaga kesehatan kami yang diduga maupun positif COVID-19. Saat ini kami juga memiliki tim COVID RS AN-NISA yang merupakan tim kesiapsiagaan mencegah penularan COVID-19 yang intens melakukan pemeriksaan terhadap setiap pengunjung dan komunikasi serta koordinasi dengan
Dinkes Tangerang dan Rumah Sakit Rujukan.

Jika ada indikasi pasien dengan gejala mengarah kepada COVID-19, maka akan segera dirujuk ke rumah sakit rujukan yang telah ditentukan Kementrian Kesehatan RI untuk menangani pasien sesuai prosedur yang berlaku.

Segala pemberitaan yang bukan berasal dari Manajemen RS AN-NISA TANGERANG adalah diluar tanggung jawab kami. Demikian himbauan ini disampaikan untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

update : Sabtu, 14 Maret 2020 MANAJEMEN RS AN-NISA TANGERANG”

REFERENSI
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4203993/cek-fakta-pramugari-lion-air-positif-covid-19-dirawat-di-rs-an-nisa-benarkah
https://www.instagram.com/p/B9tTUmHlXpY/
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/yNLGeoPK-seorang-pramugari-lion-air-positif-korona-dan-dirawat-di-tangerang-hoaks

About Adi Syafitrah 971 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo