[BERITA] Kemendagri Bantah Tito Karnavian Terjangkit Covid-19

Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar membantah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof. H. M Tito Karnavian Ph.D dan Istri dalam keadaan kurang sehat. Staf Khusus Mendagri Kastorius Sinaga memastikan Tito sampai saat ini masih dalam kondisi sehat dan tidak terjangkit virus Corona atau Covid-19.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : BERITA
=============================================

Beredar artikel berjudul “Mendagri Tito Karnavian ke RSUP Persahabatan, Terjangkit Corona?” . Salah satu yang memuat artikel ini adalah situs beritamedia[dot]id yang menyalin artikel dari situs pojoksatu.id.

Dalam artikel ini ditulis: “Spekulasi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian terkena virus corona langsung mencuat setelah mantan Kapolri itu mengunjungi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Jakarta Timur, Sabtu (14/3/2020). Maklum, kekhawatiran akan penyebaran virus corona ke anggota Kabinet Kerja Jilid II kini semakin menguat menyusul konfirmasi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi yang dinyatakan positif Covid-19. Seperti diketahui, RS Persahabatan menjadi rumah sakit rujukan untuk penanganan pasien akibat virus corona.”

Selengkapnya di bagian PENJELASAN
https://perma.cc/U8JD-XMYX (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Sebenarnya, jika artikel ini dibaca sampai akhir, di paragraf ke 4, ada penjelasan dari Staf Khusus Mendagri Kastorius Sinaga, yang membantah klaim bahwa Mendagri Tito Karnavian terjangkit virus corona.

Berikut kutipan paragraf ke 4 sampai selesai:

“Menurut Staf Khusus Mendagri Kastorius Sinaga, banyak pihak menanyakan apakah benar Tito juga terjangkiti virus corona sehingga dirawat di RS Persahabatan.

“Seharian saya dapat banyak pertanyaan dari wartawan dan juga dari rekan yang menanyakan kebenaran kabar bahwa Mendagri Tito terkena infeksi virus corona dan dirawat di RS Persahabatan,“ kata Kastorius, dikutip Pojoksatu.id dari JPNN.

Kastorius menyatakan bahwa Tito tidak terjangkiti COVID-19. Walakin, Kasto -panggilan akrabnya- mengakui bahwa Tito memang sempat mengunjungi RS Persahabatan.

“Tidak benar bila Pak Tito terkena virus corona dan dirawat di rumah sakit. Memang benar siang tadi Bapak Mendagri berkunjung ke RS Persahabatan dan mobil dinas beliau Land Cruiser RI 21 tampak terparkir di lobi pintu masuk,” sambung Kasto.

Kasto menegaskan, Tito mengunjungi RS Persahabatan untuk menjenguk Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Kiagus Badaruddin yang meninggal dunia.

“Almarhum adalah sahabat dan juga dipandang oleh Mendagri sebagai senior,” pungkas Kasto.”

Selain itu, Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar membantah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof. H. M Tito Karnavian Ph.D dan Istri dalam keadaan kurang sehat.

“Bapak Mendagri dan ibu, Alhamdulilah saat ini dalam kondisi sehat walafiat dan tidak benar apabila ada informasi bahwa beliau sakit, mari kita lawan hoaks,” kata Bahtiar berdasarkan pernyataan pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Bahtiar memastikan Tito dan Tri beraktivitas seperti biasa. Mereka bahkan sempat menghadiri acara Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-48 di Desa Sukaluyu, Kabupaten Karawang, Sabtu (14/3) pagi. Selain itu, Tito sempat hadir di MetroTV untuk membacakan dan memberi penghargaan Kick Andy Heroes Award.

“Bapak Mendagri beraktivitas seperti biasa dan dalam keadaan sehat walafiat,” tegas Bahtiar.

REFERENSI
https://news.detik.com/berita/d-4939509/kunjungi-rs-persahabatan-mendagri-tito-dipastikan-dalam-keadaan-sehat
https://mediaindonesia.com/read/detail/296707-kemendagri-tegaskan-istri-tito-tidak-sakit
https://www.liputan6.com/news/read/4202106/kemendagri-bantah-tito-karnavian-positif-covid-19
https://nasional.kompas.com/read/2020/03/14/22242411/staf-khusus-mendagri-tito-ke-rsup-persahabatan-untuk-lihat-jenazah-kepala

About Adi Syafitrah 971 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo