[SALAH] “Jokowi: Virus corona minum bodrex 5 menit langsung sembuh”

Tidak ditemukan berita yang berjudul “Jokowi: Virus corona minum bodrex 5 menit langsung sembuh” di media daring. Dan diketahui foto Jokowi yang diunggah oleh akun Facebook Abdul R atau @biliibrahim.ibrahim adalah foto Jokowi saat menghadiri acara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, 1 Juni 2013 di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat. Sementara bodrex sendiri bukanlah untuk menyembuhkan dari virus corona tetapi obat analgesik untuk mengobati sakit kepala, demam, flu, nyeri haid, sakit gigi dan nyeri sendi.

=====

KATEGORI: False Content

=====

SUMBER: Media Sosial Facebook

=====

NARASI:

“Jokowi: Virus corona minum bodrex 5 menit langsung sembuh,” unggah akun Facebook Abdul R atau @biliibrahim.ibrahim, Senin (27/1).

=====

PENJELASAN:

Akun Facebook Abdul R atau @biliibrahim.ibrahim mengunggah foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memakai baju kemeja hitam dan topi baret merah. Foto tersebut terdapat pada tampilan layar portal gelora.co, dengan judul berita “Jokowi: Virus corona minum bodrex 5 menit langsung sembuh,” unggah akun Facebook Abdul R atau @biliibrahim.ibrahim, Senin (27/1).
Selain itu, akun @biliibrahim.ibrahim juga menambahkan narasi sebagai berikut:

“Hebat pak de y…gak sekalian minum obat mencret 😅ambyar..Gmn bong pak de kalian”

Setelah ditelusuri melalui mesin pencari, faktanya tidak ditemui berita dengan judul “Jokowi: Virus corona minum bodrex 5 menit langsung sembuh”.

Selain itu foto Jokowi yang mengenakan kemeja hitam dan topi baret merah tersebut adalah karya Jurnalis merdeka.com, Muhammad Luthfi Rahman. Diketahui foto tersebut diambil ketika Jokowi menghadiri acara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Juni di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, tepatnya, Sabtu, 1 Juni 2013.

Sementara bodrex sendiri adalah obat analgesik untuk mengobati sakit kepala, demam, flu, nyeri haid, sakit gigi dan nyeri sendi. Umumnya, di dalam tiap kaplet bodrex terdapat kandungan Paracetamol, Phenylephrine HCl, dan Dextromethorphan.

=====

REFERENSI:

1. https://archive.fo/WIwrZ
2.https://www.facebook.com/groups/1778152662215040/permalink/3051549114875382/
3.https://www.merdeka.com/jakarta/hari-pancasila-jokowi-dampingi-mega-di-tugu-proklamasi.html
4. https://www.merdeka.com/politik/momen-momen-penting-hingga-jokowi-siap-jadi-capres.html
5. https://hellosehat.com/obatan-suplemen/obat/bodrex/

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1099162530416281/