[SALAH] Video “Serangan ratusan roket dan rudal Iran ke Basis Militer Amerika Serikat”

Bukan video serangan Iran ke Basis Militer Amerika. Video yang sama persis ternyata sudah pernah muncul di Youyube pada 27 November 2018 dengan judul “Multiple launch rocket system at night”.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Salah
=============================================

Akun twitter Not A Desert Lizard (twitter.com/Zain_Ical) mengunggah sebuah video dengan narasi :

“Perang dimulai? Iran Akui Hantam Basis AS dengan 9 Roket dan Puluhan Rudal. Sumber video : FP Seword”

Selain itu, akun ini juga menyertakan tautan artikel berita yang dimuat di situs cnnindonesia.com yang berjudul “Iran Akui Hantam Basis AS dengan 9 Roket dan Puluhan Rudal”

Sumber : https://perma.cc/QKU4-4HT4 (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Saat ditelusuri, video yang sama persis ternyata sudah pernah muncul di YouTube. Diunggah kanal Partha pada 27 November 2018 dengan judul “Multiple launch rocket system at night”.

Unggahan kanal Partha itu sekaligus membuktikan bahwa klaim akun Twitter Not A Desert Lizard salah. Sebab, serangan ”balasan” Iran ke basis tentara AS di Iraq dilakukan pada 8 Januari 2020 seperti yang dimuat di artikel berita yang dimuat di situs cnnindonesia.com. Bukan sebelum itu.

Portal berita berbahasa Mandarin new.qq.com juga pernah mengulas peristiwa dalam video itu pada 2 November 2018. Isinya menyebutkan, pada Oktober 2018, Inggris dan Oman melaksanakan latihan militer bersama. Latihan gabungan yang diberi sandi ”Saif Sareea III” itu berlangsung selama sebulan penuh. Lebih dari 65 ribu tentara terlibat dalam latihan itu.

Portal edrmagazine.eu juga mengulas latihan bersama tersebut dengan judul British and Omani Armed Forces train in the Desert. Ulasan yang terbit pada 9 November 2018 menuliskan aksi Menteri Pertahanan Inggris Gavin Williamson yang mengendarai tank tempur utama Challenger 2 di puncak Latihan Saif Sareea III (bahasa Arab untuk Swift Sword III). Event itu merupakan latihan militer terbesar antara Inggris dan Angkatan Bersenjata Oman yang diadakan di Timur Tengah sejak 17 tahun terakhir.

Acara puncak Saif Sareea III adalah demonstrasi serangan spektakuler pada 3 November di hadapan semua pejabat militer. Saat itu pasukan khusus Oman melakukan aksi fast roping dari helikopter Royal Air Force of Oman (RAFO) NH90 serta dukungan pesawat F-16 untuk menghancurkan radar musuh.

Atraksi selanjutnya adalah serangan mortir dan artileri dari tank-tank Inggris dan Oman. Tampak kendaraan-kendaraan lapis baja memuntahkan ratusan peluru diikuti dengan peluncuran rudal-rudal antitank Javelin.

REFERENSI
https://www.jawapos.com/hoax-atau-bukan/15/01/2020/keliru-video-serangan-iran-ke-basis-militer-as/
https://www.youtube.com/watch?v=Mr5KoDKXjz8
https://www.edrmagazine.eu/british-and-omani-armed-forces-train-in-the-desert
https://www.cnnindonesia.com/internasional/20200108083638-120-463346/iran-akui-hantam-basis-as-dengan-9-roket-dan-puluhan-rudal

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo