[SALAH] UAS Ajak Umatnya Kalau Belanja Ke Warung Tanyakan Dulu Apa Agamanya

Sebuah akun twitter bernama @Ha_Elaaah memposting sebuah screenshoot berita dari detik.com yang berjudul “UAS Ajak Umatnya Kalau Belanja Ke Warung Tanyakan Dulu Apa Agamanya”.

Faktanya, pada tanggal tersebut detik.com tidak pernah menulis artikel dengan judul dan foto tersebut. pada tanggal dan jam itu artikel yang ditayangkan oleh detik.com adalah “Temuan-temuan Komnas HAM dalam Rusuh Wamena”. (Selengkapnya dibagian penjelasan).

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL TWITTER

http://archive.fo/ihUcT

======

[NARASI]:

Entah apa yg merasuki si tampan uas iniā€¦ Ke warung aja pake nanya agama dulu.
Si uas #maungibullagi ? Kalo ngomong suka bikin saling membenci.

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun twitter bernama @Ha_Elaaah memposting sebuah screenshoot berita dari detik.com yang berjudul “UAS Ajak Umatnya Kalau Belanja Ke Warung Tanyakan Dulu Apa Agamanya” pada jum’at 18 oktober 2019 pukul 22.05 WIB. selain itu akun tersebut juga menambahkan narasi provokatif pada postingannya.

Setelah ditelusuri, Faktanya screenshoot artikel yang mencatut nama detik.com merupakan hasil suntingan atau editan. karena pada tanggal 18 oktober 2019 pukul 22.05 WIB tidak ditemukan artikel dengan judul tersebut pada website detik.com.

Pada tanggal dan jam itu, detik.com menayangkan artikel berjudul “Temuan-temuan Komnas HAM dalam Rusuh Wamena” dengan foto jumpa pers Komnas HAM soal kerusuhan di Wamena (Foto: Rolando/detikcom).

Sementara itu, foto UAS (Ustad Abdul Somad) yang dipakai pada artikel itu diambil dari tayangan youtube di channel 30Detik VidDakwah pada tanggal 31 agustus 2018 dengan judul “Penjelasan berwudhu dari 4 Mazhab oleh Ustadz Abdul Somad Lc, Ma”.

[KESIMPULAN]

Detik.com tidak pernah menayangkan berita dengan judul dan foto yang diposting oleh akun twitter @Ha_Elaaah. berdasarkan fakta diatas dapat disimpulkan bahwa postingan akun twitter tersebut masuk kedalam kategori Konten Yang Dimanipulasi.

======

REFERENSI:

https://news.detik.com/berita/d-4751680/temuan-temuan-komnas-ham-dalam-rusuh-wamena?single=1