[BENAR] SPP SMA/SMK GRATIS JAWA TIMUR

 “Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyebut SPP SMA/SMK Negeri di Jatim akan gratis mulai Juli 2019. Khofifah mencontohkan misalnya sumbangan dari Pemprov senilai Rp 150 ribu, lalu, SPP di Surabaya mencapai Rp 200 ribu. Maka sisanya Rp 50 ribu menjadi tanggungan orang tua murid. Hal itu ditegaskan pula oleh Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Jawa Timur, Saiful Rachman “”SPP gratis SMA SMK negeri swasta akan mulai berlaku awal tahun ajaran baru mendatang. Tapi yang sekolah swasta tidak full,” tegas Saiful.””.

=====

KATEGORI: BENAR 

=====

SUMBER: facebook.com

=====

NARASI:

“program ibunda gubernur jawa Timur. pembebasan spp”

“selamat buat warga pelajar Jatim atas pilihan Jatim-1 yg tepat”

“Mantab jawa timur ”

“Spp gratis untuk wilayah jawa timur apakah benar??”

=====

PENJELASAN:

Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyebut SPP SMA/SMK Negeri di Jatim akan gratis mulai Juli 2019. Khofifah pun merinci bagaimana penggratisan tersebut. 

“SPP gratis SMA/SMK negeri dan swasta ini kan indeksnya tidak sama, tergantung dari kemahalan setempat,” kata Khofifah usai sertijab di Gedung DPRD Jatim Jalan Indrapura Surabaya, Senin (18/2/2019).

Khofifah mencontohkan misalnya sumbangan dari Pemprov senilai Rp 150 ribu, lalu, SPP di Surabaya mencapai Rp 200 ribu. Maka sisanya Rp 50 ribu menjadi tanggungan orang tua murid.

“Misalnya dari bantuan SPP Pemprov, kita ambil contoh katakan seandainya Surat Edaran Gubernur di Surabaya menyebut SPP swasta di Surabaya itu Rp 200 ribu katakan ternyata bantuan SPP-nya dari Pemprov Rp 150 ribu maka orang tua murid masih punya tanggungan Rp 50 ribu,” lanjutnya. 

Hal itu ditegaskan pula oleh Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Jawa Timur, Saiful Rachman, pada wartawan Surya,  Sabtu (23/2/2019). Ia mengatakan untuk sekolah negeri semua SPP akan ditanggung oleh pemprov Jatim. Sedangkan untuk sekolah SMA SMK swasta akan ada penetapan indeks. 

“SPP gratis SMA SMK negeri swasta akan mulai berlaku awal tahun ajaran baru mendatang. Tapi yang sekolah swasta tidak full,” tegas Saiful. 

=====

REFERENSI:

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4433283/spp-smasmk-di-jatim-gratis-mulai-juli-ini-rinciannya

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4429697/mulai-juli-spp-sma-dan-smk-negeri-di-jatim-gratis

http://surabaya.tribunnews.com/2019/02/23/begini-penjelasan-dindik-jatim-tentang-program-spp-gratis-smasmk-gubernur-khofifah

https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/pn4gua368/penerapan-spp-smasmk-gratis-di-jatim-mulai-juli