[SALAH] SESAR BATUI DAN BALANTAK PICU GEMPA DAN TSUNAMI

Beredar sebuah informasi yang menyebut tentang ancman gempa besar dan tsunami di wilayah Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah, yang dipicu oleh aktivitas Sesar Batui dan Balantak. Sontak informasi yang membuat heboh warganet itu mendapat tanggapan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang menyatakan bahwa menurut hasil monitoring BMKG, selama ini belum pernah mencatat adanya aktivitas gempa bumi dengan kekuatan diatas 6 magnitudo di zona Sesar Batui dan Sesar Balantak.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: FABRICATED CONTENT

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

===
NARASI:

Naudzubillahiminzhaliq…jauhkan segala mara bahaya ya Allah..waspada utk wilayah Batui dan Balantak..

2 PATAHAN MEGA TRUST TEPAT DI BATUI DAN BALANTAK BISA MEMICU GEMPA DAN TSUNAMI SEPERTI DI PALU

===

PENJELASAN:

Beredar melalui media sosial Facebook sebuah unggahan mengenai ancaman gempa besar dan tsunami di wilayah Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah yang dipicu oleh aktivitas Sesar Batui dan Balantak. Informasi tersebut muncul pasca terjadinya gempa tektonik bermagnito 6,9 di wilayah Kepulauan Banggai dan Morowali pada 12 April 2019 lalu.

Pasca membuat ramai media sosial dengan informasi yang tidak sesuai, seorang warganet pun akhirnya menanyakan perihal tersebut melalui media sosial Twitter, yakni dengan me-mention akun resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) @infoBMKG. Melansir dari tribunnews.com, Kepala Bidang Informasi Gempabumi BMKG, Daryono menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar adanya.

Daryono menjelaskan bahwa Sesar Batui dan Sesar Balantaj bukanlah zona megathrust. Lebih lanjut Daryono menjelaskan bahwa jika dikaitkan dengan keberadaan benua mikro Baggai-Sula di sebelah timurnya, maka front subduksi puba Benua Mikro Banggai Sula ke bawah Pulau Sulawesi tidak berada di zona Batui dan Balantak.

Daryono juga menjelaskan bahwa zona Banggai-Sula terletak di bawah lengan timur Pulau Sulawesi. Daryono menambahkan dari hasil monitoring BMKG selama ini belum pernah mencatat adanya aktivitas gempa bumi dengan kekuatan diatas 6 magnitudo di zona sesar Batui dan Balantak.

===

REFERENSI:

https://sains.kompas.com/read/2019/05/01/143109423/sesar-batui-dan-balantak-picu-gempa-dan-tsunami-di-sulteng-hoaks
http://palu.tribunnews.com/amp/2019/05/01/kabar-adanya-aktivitas-sesar-batui-dan-balantak-di-sulteng-picu-gempa-dan-tsunami-adalah-hoaks?fbclid=IwAR2THyspd4Dcnn0Vu0hziID8qE34g4ssmgIjG-zwaprPMZPKU-r7Ty4BZHs