[SALAH] KPU TELAH UMUMKAN HASIL AKHIR PERHITUNGAN SUARA PILPRES

[SALAH] KPU TELAH UMUMKAN HASIL AKHIR PERHITUNGAN SUARA PILPRES

Muncul sebuah unggahan melalui media sosial Facebook, yang di dalamnya terdapat sebuah narasi beserta foto yang menampilkan hasil perhitungan suara resmi KPU. Menurut data yang terlampir dalam foto, pasangan Capres-Cawapres nomor urut dua unggul dengan perolehan suara 53,15 persen, sedangkan pasangan Capres-Cawapres nomor urut satu memperoleh 46,85 persen suara. Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, narasi yang disampaikan oleh pemilik akun bisa membangun opini bahwa perhitungan tersebut merupakan perolehan suara Pilpres 2019, yakni dengan menyatakan bahwa pendukung Jokowi telah ikhlas dengan hasil perhitungan tersebut.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: MISLEADING CONTENT

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

https://www.facebook.com/…/a.489491824781…/728205047576349/…

===

NARASI:

An Admin..

Meski pait tp ini lah kehendak Allah pada ahirnya
kami pendukung fanatik jokowi ihlas menerimanya..
mudahan berkah..
Kita berdamai

===

PENJELASAN: Beredar melalui media sosial Facebook sebuah unggahan yang berisi hasil perhitungan suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden versi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Menurut sumber yang telah ditemukan, informasi tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Relawan Tuan Guru Bajang Ri 1.

Sejak diunggah ke laman Facebook, informasi tersebut telah mendapat 2,6 ribu komentar dan lebih dari 10 ribu kali dibagikan. Jika melihat dari unggahan tersebut, si pembuat memang tidak menyebut mengenai tahun dari perolehan surat suara yang ia unggah. Namun jika diperhatikan lagi, narasi yang dibuat tentunya bisa membangun persepsi bahwa pendukung Jokowi telah ikhlas menerima kenyataan itu sebagai kehendak Tuhan. Dan menganggap bahwa foto hasil perhitungan suara Pilpres tersebut merupakan hasil dari perhitungan suara pada tahun 2019.

Melansir dari tempo.co, dari hasil penelusuran yang dilakukan diketahui bahwa informasi yang disebarkan tersebut merupakan hasil perhitungan suara Pilpres tahun 2014. Yang dimana saat itu Jokowi berpasangan dengan Jusuf Kalla dan mendapat nomor urut dua. Sementara nomor urut satu ditempati oleh Prabowo Subianto dengan Hatta Rajasa. Saat itu Jokowi-JK sebagai pasangan nomor urut dua berhasil unggul dengan perolehan suara 53,15 persen. Sementara pasangan nomor urut satu yakni Prabowo-Hatta dengan 46,85 persen suara.

Melansir dari situs resmi KPU yakni infopemilu.kpu.go.id, sesuai dengan jadwal yang telah diunggah dalam situs tersebut. Rekapitulasi perhitungan suara berlangsung sejak tanggal 18 April 2019 hingga 22 Mei 2019. Dan untuk penetapan calon terpilih akan dilakukan bersamaan dengan penetapan perolehan kursi legislatif.

===

KESIMPULAN: Berdasarkan dari seluruh sumber referensi, data yang ditampilkan dan diunggah oleh akun Relawan Tuan Guru Bajang Ri 1 merupakan data yang benar. Namun narasi yang dibuat oleh si pembuat unggahan bisa mengarahkan ke tafsir yang salah.

===

REFERENSI:

1. https://cekfakta.tempo.co/…/fakta-atau-hoaks-benarkah-kpu-t…

2. https://www.liputan6.com/…/ini-tahapan-sebelum-kpu-umumkan-…

3. http://www.tribunnews.com/…/kapan-kpu-umumkan-hasil-pilpres…

4. https://infopemilu.kpu.go.id/pileg2019

5. https://nasional.kompas.com/…/Ini.Hasil.Resmi.Rekapitulasi.…